Connect with us

Honorer dan Buruh Terima Bantuan Program Perumahan

Musirawas

Honorer dan Buruh Terima Bantuan Program Perumahan

MUSI RAWAS LK-Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Rakyat (Disperkim) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menggelar acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Baru Perumahan Satu Hamparan untuk Honorer dan Buruh dari program BSPS-PB melalui dana APBN tahun anggaran 2020, di Kelurahan Pasar Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, Selasa (1/9/2020).

Dimana, dengan peletakan batu pertama ini maka realisasi dapat segera direalisasikan.

Peletakan batu pertama dipimpin langsung oleh Kepala Disperkim Mura, H Nito Maphilindo tersebut berlangsung sukses dan sederhana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Progran tersebut bertujuan, untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah.

Kepala Disperkim Kabupaten Mura, H Nito Maphilindo mengatakan, progran tersebut sudah diusulkan sejak satu tahun sebelumnya.

“Kendati sebelumnya program bantuan perumahan telah digulirkan di Mura. Namun bukan satu hamparan tapi untuk masyarakat,” katanya.

Dikatakannya, berkat kepemimpinan Bupati Mura, H Hendra Gunawan yang sangat antusias dan semangat mengusulkan.

Bahkan Pemkab Mura membuat surat pernyataan siap membantu dan memfasilitasi program bantuan masyarakat. Sehingga bisa teralisasi.

“Program ini sudah berjalan sejak 2017 lalu. Sehingga sedikitnya lebih dari 5.000 unit rumah bantuan dari Kementrian yang setiap tahunnya dilaksanakan kendati tidak mudah untuk mendapat bantuan tersebut tanpa tekad dan dukungan kepala daerah,” ujarnya.

Kemudian, Pemkab Mura kembali mencanangkan dan mendukung program BSPS dari Pemerintah Pusat melalui program Presiden membangun sejuta rumah.

“Sehingga, diharapkan kepada penerima bantuan untuk menyelesaikan beberapa tahapan yang harus dilakukan juga dengan taat,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid Perumahan Disperkim Mura, Abu Hanifa menyampaikan, Pemkab Mura di 2020 telah mengusulkan sebanyak 598 unit di enam lokasi yang akan dilakukan pembangunan baru.

Dimana, dua lokasi di Kecamatan Tugumuluo, yakni di Desa Ngadirejo 155 unit, dan Desa Dwijaya 100 unit. Kemudian Kecamatan Selangit di Kelurahan Selangit 61 unit, di Desa Remayu 50 unit, di Desa Muara Beliti Baru 45 unit dan di Kelurahan Pasar Muara Beliti 82 unit.

Kemudian, bantuan tersebut diberikan bukan dalam. Bentuk uang. Melainkan dimana setiap pemerima akan dibuatkan rekening dan kemudian dana pembangunan disalurkan ke rekening masing-masing melalui Bank.

“Penyalurannya tidak dalam bentuk uang. Setelah ditranfer di rekening penerima kemudian akan langsung dibelanjakan di toko yang ditunjuk sebagai mitra. Dipastikan akhir September sudah proses pencairan pertama dengan masing-masing penerima sebesar Rp17,500.000,”tutur Abu.

Sedangkan, Koordinator penerima bantuan BSPS-PB Satu Hamparan, Rudi Farizon mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Mura, khususnya Bupati Mura, H Hendra Gunawan yang telah memfasilitasi, hingga akhirnya program BSPS-PB satu hamparan dapat teralisasi.

Ia menceritakan, awalnya mendapat informasi dari Disperkim Mura bahwa ada bantuan dari Kementrian, untuk pembangunan rumah komunitas.

“Dari info tersebut, kami bentuk komunitas buruh dan non ASN dengan anggota 82 orang. Kemudian difasilitasi oleh Disperkim dan ahamdulillah sekarang usulan tersebut ditanggapi dan disetujui,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top