Connect with us

Herman Deru Beri Perhatian Khusus Penyuluh Pertanian‎

Musirawas

Herman Deru Beri Perhatian Khusus Penyuluh Pertanian‎

MUSI RAWAS LK-Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), diseluruh wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), bakal mendapat perhatian khusus Pemprov Sumsel.

Hal tersebut dinyatakan secara langsung, Gubernur Sumsel, H Herman Deru (H2D), saat menghadiri,‎”‎Silaturahmi dan Pembinaan ‎Aparatur Pemerintah Kabupaten Mura”.

“Sejak ada pengangkatan pada 1978 lalu secara masal, saat itu saya masih kelas V SD. Dimana setiap penyuluh diberikan kendaraan Honda Trail yang bunyinya wereng-wereng, setelah itu tidak ada lagi pengakatan secara masal hingga saat ini,” kata Herman Deru.

Herman Deru menjelaskan, mereka (penyuluh) pensiun secara bersamaan namun tidak secara bersamaan digantikan dengan yang setara, bahkan saat ini nomeklaturkannya saja dirubah, dulunya badan penyuluh sekarang menjadi Kabid saja.

“Maka dari itu, saya berikan perhatian khusus kepada PPL ini, tentunya langka awal saya akan meminta data terlebih dahulu seluruh penyuluh di seluruh kabupaten yang ada PPLnya agar ada sinergiritas antara pemprov dan pemkab, baik dalam status mereka maupun take komplint serta penghasilan mereka,” jelas H2D sapaanya.

Disinggung adakah perhatian khusus sama halnya penyuluh, untuk guru?

“Guru juga, hanya saja secara bertahap, pemprov akan menjadi instusi secara jelas memperjuangkan nasib mereka. Kalau untuk K2 di Indonesia, tahun depan sekitar 153 ribu sudah jelas akan diangkat, tapi ada cluster honorer ini, salah satu contoh seperti yang menjalankan tugas dipuskesmas, tentunya ada SK dari Kepala Puskesmas, ada SK Kepala Dinas dan SK Bupati, ini akan diperjelas dulu clusternya, serta nantinya akan meminta lebih pleksibel PP 48 tahun 2005,” tuturnya Herman Deru.(Roem Royen)

Kembali disinggung mengenai status dari penyuluh?

“Nantinya penyuluh itu milik provinsi dan kabupaten, tentunya provinsi punya nomenklatur sendiri, sebab provinsi tidak punya personel, tapi statusnya milik provinsi dan kabupaten, kalau statusnya diperbaiki sudah pasti otomatis penghasilan mereka akan diperbaiki,” tutup Gubernur.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top