Connect with us

FMKM Geruduk Kantor Bupati dan DPRD Mura

Musirawas

FMKM Geruduk Kantor Bupati dan DPRD Mura

*Terkait Pindah Proyek Pembangunan Drainase

MUSI RAWAS LK-Forum Masyarakat Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, melakukan aksi Demonstrasi di depan Kantor Bupati Mura, sekitar pukul 08.00 WIB, Jumat (27/9/2018).

Aksi tersebut untuk menyampaikan aspirasi terkait di pindahkannya proyek pembangunan drainase ke RT 13, tanpa adanya kejelasan yang pasti oleh pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Disperkim), Kabupaten Mura.

Aksi demo dikuatkan lantaran, mengingat Pemkab Mura baru-baru ini meraih predikat terlepas dari Desa Tertinggal.

Tentu, hal ini berkat kerja keras semua pihak baik Bupati Mura H. Hendra Gunawan dan Wabup, Hj. Suwarti maupun OPD terkait lainnya.

Keberhasilan tersebut seiring sejalan dengan Slogan Mura SEMPURNA yakni Sejahtera, Mandiri, Produktif, Unggul, Religius, Nyaman, serta Aman.

Apalagi program-program yang disajikan diatas kertas oleh Pemda semuanya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Terlebih lagi proyek-proyek fisik Pemerintah.

Namun, implementasi dilapangan sejauh ini sangat bertolak belakang. Dimana proyek fisik Pemkab Mura yang di besar-besarkan menjadi primadona mensejahterakan masyarakat malah merusak lingkungan dan menimbulkan gejolak di tengah masyarakat yang tak kunjung usai.

Seperti halnya, pembangunan proyek drainase usulan, Alm. Nasib di Kelurahan Pasar Muara Beliti Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Mura, yang menelan dana Rp. 242.000.000, tersebut menjadi pembahasan.

Pasalnya, proyek yang awalnya diusulkan oleh masyarakat RT.03 tahun 2018 silam sepanjang 458 meter tersebut telah di realisasikan dan dimulai pengerjaannya pada pertengahan tahun 2019 serta sudah dilakukan penetapan titik nol.

Namun, hasil realisasinya di lapangan di kerjakan di tempat yang berbeda yakni di RT 13 sepanjang 368 meter. Sementara, di RT 03 hanya dilakukan penggalian tanpa adanya pekerjaan.

“Artinya, jika kita simpulkan mulai dari pemindahan sampai pada penetapan volume siring ada kejanggalan. Pertama, proyek tersebut di gol kan di RT. 03 sepanjang 458 meter bukan di RT. 13. Kedua, jika dialihkan ke RT. 13 tentu semua akan dirubah, baik RAB nya, maupun volume panjang siringnya. Ketiga, jika sudah ditentukan volumnya, berarti hal tersebut dikategorikan “Tembak Pucuk Kudo,”, ungkap Priyadi Korlap didepan awak media.

Priyadi mengungkapkan, selain ada kejanggalan tersebut, bekas galian siring di lokasi titik nol RT.03 dibiarkan begitu saja.

Hal ini menimbulkan keresahan di masyarakat karena merusak lingkungan milik warga sekitar.

Akibatnya air sumur milik warga menjadi tercemar, mengeluarkan bau tidak sedap sehingga masyarakat tidak bisa mengkonsumsi air tersebut.

“Bahkan, di khawatirkan dapat menimbulkan wabah penyakit, jka sudah seperti ini, siapa yang bertanggung jawab?,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, atas dasar permasalahan tersebut Forum Masyarakat Beliti Menggugat dan mendesak Bupati Mura, H. Hendra Gunawan untuk segera mencopot pejabat yang tidak profesional.

Diantaranya, Kadis Perkim, PPK dan PPTK kegiatan, Camat Muara Beliti, Lurah Beliti yang dinilai bertanggung jawab atas permasalahan tersebut.

Kemudian, ia juga meminta kepada bupati segera tugaskan Dinas Perkim Mura untuk segera mengerjakan siring di RT.03, Kelurahan Pasar Muara Beliti, Kecamatan Muara Beliti

Kepala Dinas Perkim Mura harus menjelaskan secara terbuka dan transparan terkait apa yang menjadi alasan atas pemindahan lokasi kegiatan tersebut dan siapa yang akan bertanggung jawab atas masalah tersebut.

Bupati Mura harus menandatangani Fakta Integritas untuk melanjutkan dan Menyelesaikan Kegiatan pembangunan siring di RT.03 sebelum berakhirnya Tahun Anggaran 2019

Kemudian, Komisi IV DPRD Mura agar menjalankan fungsi pengawasannya dan Jika tuntutan ini tidak juga direspon atau direalisasikan.

“Maka, kami atas nama Forum Masyarakat Beliti menggugat akan menggelar aksi serupa dengan massa yang lebih besar,” tutupnya.(Rls/Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top