Connect with us

DPMD : LK Bumdes Segera Diserahkan Akhir November‎

Musirawas

DPMD : LK Bumdes Segera Diserahkan Akhir November‎

MUSIRAWAS,LK- Setidaknya paling lambat, akhir November 2018, masing-masing desa segera kumpulkan Laporan Keuangan (LK) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mura Mefta Joni melalui Kasi Pengembangan Usaha Ekonomi dan Bumdes, Suharyono. Ia mengungkapkan ini merupakan sebagai langkah pengawasan keberadaan terhadap program pemberdayaan desa.

Sejak 2016, desa yang ada anggaran Dana Desa (DD) lebih kurang sudah ada terbentuk 178 Bumdes, kesemuanya telah berjalan.

Sehingga, sesuai aturan Perbup No 20 tahun 2017, tentang mekanisme pembentukan dan pembinaan dari pada terbentuknya Bumdes, maka setiap desa setiap tahunnya sebagai pelaksana wajib melaporkan terutama terhadap laporan keuangan (LK) Bumdes itu sendiri.

“Mengenai Bumdes, dari mulai penerapan tahun 2016 sudah terbentuk sebanyak 178 Bumdes. Dan sesuai aturan, kita ingatkan paling lambat Akhir November 2019 mendatang, masing-masing desa sudah harus mengumpulkan Laporan keuangan (LK) Bumdes. Termasuk juga, ada 15 Bumdes bantuan pemerintah pusat Kemen-DT yang mesti dilaporkan keuangan Bumdes-nya ke kita DPMD,”terangnya.

Suharyono menyebutkan dari sebanyak 178 Bumdes, semuanya didominasi usaha simpan pinjam. Dan penilaiannya sendiri, Bumdes belum lah berjalan dengan baik dalam menyumbang pemasukan keuangan desa.

“Begitu juga menyangkut besaran biaya Bumdes. Setiap desa itu tahun pertama dibantu dianggarkan DD sebesar Rp.30 juta sampai Rp.50 juta. Sedangkan tahun berikutnya, mulai dari Rp50 sampai Rp100 juta,”bebernya.

Sedangkan mengenai realisasi bagi hasil, kembali pada kemampuan Bumdes. Diantarannya, sekitar 15 sampai 20 persen kembali ke kas desa sebagai penambah PAD desa.

“Kalau dari hasil pantauan laporan setiap bulannya, hampir sebagian besar Bumdes belum mampu menghasilkan. Kalau secara aturannya, setiap Bumdes, apapun usahanya minimal 15 persen disumbangkan ke desa sebagai penambah keuangan desa,”tandasnya.

Dan menindaklanjut itu, pihaknya pun kedepan, awal tahun 2019. Semua pembiayaan telah dianggarkan melalui APBD. Pihak DPMD bentuk tim monitorig evaluasi (Monev) Bumdes. Nantinya melalui tim, akan lebih ketat melakukan pengawasan dan pembinaan langsung. Sehingga, Bumdes benar-benar berdaya guna menghasilkan dan memajukan masing-masing desa,”tutupnya. ‎

Penulis : Roem Royen – copyright @linggauklik.com

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top