Connect with us

DMPD : Pencairan ADD Tahap Dua Terhambat

Musirawas

DMPD : Pencairan ADD Tahap Dua Terhambat

MUSI RAWAS LK- Setelah menunggu disahkan APBD-Perubahan, namun walaupun demikian kejelasan realisasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ke dua, akan terlambat karena masih banyak desa belum selesaikan pengajuan berkas.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mura, Ahmadi Zulkarnaen melalui Kabid Fasilitator Perencanaan Keuangan Desa, Andreanto ketika dibincangi diruang kerjanya oleh awak media, Rabu (18/9/2019).

Dikatakanya, dari kesiapan mengenai realisasi ADD tahap dua. Bisa dipastikan, mengenai alokasi anggaran belum lama APBP-Perubahan telah disahkan.

Sehingga, segera mungkin pencairan ADD yang tunjuanya membayar penghasilan tetap (Siltap) dan operasional perangkat Desa sudah bisa dilakukan.

Hanya saja, memang sejauh ini masih banyak desa belum mununtaskan kewajiban pengajuan berkas

“Untuk soal Add tahap ke dua, kita pastikan segera mungkin bisa direalisasikan. Akan tetapi, sampai dengan pertengahan September barulah sekitar 50 desa yang sudah menyelesaikan dan pengajuan berkas ke BPKAD. Sisanya, masih banyak desa lain belum menyelesaikan pengajuan,”katanya.

Lebih jauh, Andrento menrinci untuk realiasi pencairan ADD tahap ke dua masing-masing desa menerima 40 persen dari 122 Miliar dengan nilai setiap desa berbeda-beda.

Tetapi, dalam waktu dekat jika semua desa belum mengajukan, pihaknya setiap hari stanby dikantor DPMPD.

“Jadi, jika berkas pengajuan selesai, maka paling besar desa menerima 364 juta,  sedangkan yang paling kecil 216 juta,” tutupnya.(Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top