Connect with us

DKP Siapkan Pelatihan Komputer Bagi Pengunjung

Musirawas

DKP Siapkan Pelatihan Komputer Bagi Pengunjung

MUSI RAWAS LK- Menyikapi dengan serius masih minimnya minat baca, warga masyarakat Kabupaten Musi Rawas (Mura). 

Ditahun 2019 mendatang, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP), menganggarkan APBD merehab fasilitas gedung serta menyiapkan reward ‎khusus pelatihan komputer pengunjung perpustakaan.

Kepastian itu disampaikan, Kepala DKP, Kabupaten Mura Supriyadi melalui Kasubbag Perencanaan, Keuangan dan Aset, Yohanita saat dibincangi diruang kerjanya, sekitar pukul 10.00 WIB, Kamis (29/11/2018).

‎Mengatakan bahwa dari semua hasil evaluasi akhir tahun. Diketahui, antusias masyarakat terhadap minat baca masih menjadi pekerjaan rumah (PR). Sebab, semua hampir sebagian besar kaum pemuda minat baca masih minim.

“Memang benar minat baca kita Mura masih minim. Untuk itu, upaya kita telah maksimal. Dimana, sudah tahun ini ada rencana membangun gedung perpustakaan sendiri. Hanya saja, sementara kita telah anggarakan  APBD, Rp. 180 juta guna rehab gedung perpustakan yang ada, selain itu nantinya, kita beri rangsangan memberika reward pelatihan komputer bagi warga memang sudah rutin datang meminjam buku di kantor perpustakan yang ada,”kata Yohanita.
Yoan sapaanya menjelaskan, rehab perpustakaan nantinya lebih merapihkan dan menata ulang wajah ruang baca dengan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya, serta memilki ruang khusus anak.
“Rehab perpustakaan sendiri. Kita  menerapkan layananan, perpustakaan berbasis inklusi sosial. Intinya, bagaiman merubah atau mendesain supaya perpustakaan umum itu pelayanannya sudah berorientasi pada peningkatan kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat,”jelas Yoan.

Lebih lanjut, Yoan menjelaskan, mengenai kejelasan membangun gedung perpustakaam baru, sudah disiapkan di Cindo Parka Muara Beliti.

Bahkan, pembangunan gedung tersebut sudah pernah diajukan melalui DAK, namun hingga kini tidak ada tidak lanjutnya.

“Sedangkan lahan yang kita siapkan itu di Cindo Park yang masih sangat minim dengan pemukiman masyarakat. Jadi itulah kendala kita saat ini, dan sebelumnya hal itu sudah dibicarakan dengan pihak terkait untuk pemindahan lokasinya dengan cara tukar guling. Namun belum ada tanggapannya,”katanya.
Kembali ia menjelaskan, sedangkan mengenai reward pelatihan komputer. Nantinya, pelatihan pihaknya menyiapkan fasilitas dan pengajar. Dimana, pelatihan sendiri dilangsungkan dikantor perpustakan yang akan direhab.
“Kursus komputer gratis, masih tahap uji coba. Artinya, bagi masyarakat Mura atau pengguna perpustakaan. Kita berikan pelatihan komputer gratis ada delapan orang dulu, terkait dengan sarana pepustakaan. Dan semuanya teknisnya fasilitas dan SDM pengajar kita siapkan,”tutupnya.(Roem Royen)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top