Connect with us

Disperindag Sidak Pasar Tradisional‎

Musirawas

Disperindag Sidak Pasar Tradisional‎

*Masyarakat Waspada Tahu Berformalin

MUSI RAWAS LK– Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kabupaten Musi Rawas (Mura), menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap makanan dan minuman (Makmin), mengandung zat kimia berbahaya.
Salah satu makanan yang mengandung zat berbahaya yakni, tahu yang kerap menggunakan pengawet atau formalin.
Kepala Disperindag, Kabupaten Mura, Hj Nurhasanah, melalui Kasi Distributor Pangan Armansyah mengatakan bahwa mengantisipasi penyebaran tahu berformalin, maka pihaknya menjelang natal dan tahun baru 2019 akan turun langsung ke lapangan melakukan inspensi mendadak (Sidak) ke pedagang.
“Masyarakat harus waspada tahu berformalin, karena saat melakukan sidak sebelumnya, pasti ditemukan tahu berformalin,” kata Armansyah, Senin (3/12/2018).‎

Arman menjelaskan, selain makmin mengandung zat kimia berbahaya, dalam sidak tersebut juga menyasar makmin kadaluarsa, produk yang mendekati masa expaire atau kadaluarsa, serta pedagang nakal yang menimbun bahan kebutuhan masyarakat.

“Untuk itu, guna memberikan rasa jera, maka dalam sidak tersebut akan melibatkan tim terpadu dengan pihak kepolisian,” jelasnya.

Lebih lanjut, Arman sapaanya menjelaskan, ‎nantinya sebelum dilakukan sidak, maka diminta kepada pedagang untuk tidak menjual makmin yang berbahaya.

Untuk produk yang mendekati masa kadaluarsa, agar dikembalikan ke agen atau distributornya.

“Sedangkan untuk pedagang yang melakukan kecurangan dengan menumpuk bahan kebutuhan akan langsung ditindak tegas. Karena ini berdampak dengan kenaikan harga,” ucap pria berseragam PNS ini.

Arman menambahkan, adapun landasan dlam oenindakan tegas kepada pedagang nakal, yang blsesuai dengan UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, UU Pangan, UU Kesehatan, dengan sanksi yang berbeda-beda, mulai dari peringatan hingga langkah tegas.

“Hanya saja, sejauh di Kabupaten Mura, belum ada pedagang atau agen yang melakukan penimbunan bahan makanan. Disamping itu, kita harapkan kepada masyarakat untuk menjadi pembeli yang cerdas, dengan meneliti produk sebelum membelinya. Jangan mudah percaya dengan pedagang yang menjual dengan harga dibawah standar,” tutupnya.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top