Connect with us

Disnakertrans Belum Terima Protes Perusahaan Terkait Berlaku UMK‎

Musirawas

Disnakertrans Belum Terima Protes Perusahaan Terkait Berlaku UMK‎

MUSI RAWAS LK-Setelah diterapkannya Upah Minimun Kabupaten (UMK), ‎di Kabupaten Musi Rawas (Mura), kepada perusahaan-perusahaan, pada awal Januari 2019 lalu.‎

Hingga saat ini, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Kabupaten Mura, tidak menerima protes ataupun keberatan dari pihak perusahaan mengenai UMK tersebut.

Hal tersebut dibenarkan, Plt Disnakertrans, Kabupaten Mura, Yapan Selamat melalui ‎Kasi Pengupahan dan Kelembagaan Hubungan Industrial, Tatri Riyanti, sekitar pukul 14.00 WIB, Sabtu (19/1/2019).

“Setelah diterapkan UMK, tidak ada perusahaan yang datang kekantor melakukan protes,” kata Tatri Riyanti.

Tatri sapaanya menjelaskan, di Kabupaten Mura sedikitnya ada 24 perusahaan yang beroperasi dengan bermacam-macam bidang diantaranya, dibidang perkebunan, minyak, gas dan lain-lain.

“Namun ke 24 perusahaan tersebut, semuanya tidak melayangkan surat keberatan ataupun protes berlakunya UMK kepada karyawannya,” ucap wanita berkaca mata ini.

Lebih lanjut, Tatri menjelaskan, sebenarnya sebelum diberlakukannya UMK, terlebih dahulu dirapatkan bersama pihak pemerintah daerah melalui Disnakertrans dengan pihak perusahaan begitu juga ada perwakilan karyawan perusahaan. ‎Hasilnya, semua setuju untuk diterapkannya UMK kepada karyawan.

“Selain itu mengenai jumlah nominal UMK juga tidak terlalu tinggi besaranya dibandingkan upah karyawan sebelumnya, saat ini karyawan rata-rata menerima upah Rp 2.944.681 perkaryawan, sebelumnya berkisar senilai Rp 2.725.800 perkaryawan,” kata wanita ini.

Tatri menambahkan, tetapi apabila nantinya muncul permasalahan kepada karyawan khusus mengenai UMK, karyawan bisa melaporkan ke Kantor Disnakertrans guna mendapatkan keadilan.

“Hanya saja memang benar-benar permasalahan karyawan yang tidak mendapatkan haknya secara adil,” tutupnya.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top