Connect with us

Disdukcapil Bakar 12.646 Keping KTP-el‎

Musirawas

Disdukcapil Bakar 12.646 Keping KTP-el‎

MUSI RAWAS LK-Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Kabupaten Musi Rawas (Mura), memusnakan 12.646 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), sekitar pukul 14.00 WIB, Senin (17/12/2018).

Pemusnaan KTP-el dilakukan lantaran rusak, adapun pemusnaan dilakukan pegawai Disdukcapi dengan ca‎ra dibakar yang sebelumnya dikumpulkan dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Mura.

Hal tersebut, dibenarkan langsung, Kepala Disdukcapil, Kabupaten Mura, Y Mori saat ditemui diruang kerjanya.

“Kami sengaja memusnakan KTP-el dengan cara dibakar, lantaran KTP-el rusak selain itu juga mencegah terjadinya hal-hal yang negatif,” kata Y Mori.

Y Mori menjelaskan, pemusnaan KTP-el ini diperkuat sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, nomor 470.13/11176/SJ, tentang Penatausahaan KTP-el Rusak/Invalid.

K‎TP-el yang dimusnakan ini merupakan hasil cetak masal yang dilakukan kementerian serta pihak kecamatan mulai dari tahun 2011, 2012 dan 2013.

Kemudian, saat dibagikan kemasyarakat masih banyak kesalahan baik identitas yakni berubah status maupun yang rusak.

“Maka dari itu diambil disetiap kecamatan serta ditambah yang tersimpan di Disdukcapil lantaran sudah mengalami perubahan identitas dan rusak, untuk dimusnakan secara bersamaan,” jelas pria mengenakan peci hitam ini.

Lebih lanjut, Y Mori menjelaskan, sebenarnya tujuan dimusnakan ini agar tidak disalah gunakan oleh oknum apalagi saat ini masa pemilihan Pileg dan Pilpres.

“Selain itu, sebelum diambil disetiap kecamatan dan dimusnakan para pegawai disetiap kecamatan diberi himbauan untuk menyerahkan KTP-el yang rusak ataupun bermasalah,” tutup pria berseragam korpri ini.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top