Connect with us

Dinkes Mura “Geber-ber-ber” DBD Keliling Desa

Musirawas

Dinkes Mura “Geber-ber-ber” DBD Keliling Desa

MUSIRAWAS, LK – Untuk menekan angka penyakit Demam Berdarah  Dengue (DBD) di Kabupaten Musi Rawas (Mura), Dinas Kesehatan (dinkes) menerapkan program Gerakan Bersih Bersih Berantas  (Geber-ber-ber) DBD keliling desa.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Mura, Edwar Zuliyar mengatakan program  Geber-ber-ber DBS itu tujuannya untuk  mencegah penyakit DBD dan  dilakukan secara berkala oleh petugas Puskesmas dengan berkeliling desa menggunakan kendaraan sebagai sarana himbauan.

“Semua Puskesmas kita wajibkan melakunan Geber-ber-ber DBD, dengan menghimbau masyarakat agar melakukan pemberian bubuk abate ke tempat-tempat penampungan air yang tidak bisa dikuras, dan menerapkan pola hidup 3M atau menutup, menimbun dan menguras tempat penampungan air,” ungkap Edwar di ruang kerjanya, Selasa (22/1/2019).

Dia juga mengatakan selain  Geber-ber-ber, ada program gerakan satu rumah satu jumantik sebagai upaya Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan bergotong royong setiap Jumat.

Lebih lanjut Edwar menambahkan, Dinkes juga setiap tahun menganggarkan fogging fokus atau melakukan semprot obat pembunuh virus dangue pada jentik nyamuk dewasa, dimana telah dianggarkan sebanyak 12 kali fogging fokus setiap tahunnya.

“Apabila ada warga yang sudah terinfeksi deman berdarah, maka Dinkes wajib melakukan fogging fokus, tahun 2018 lalu ada kurang lebih 20 fogging dilakukan yang juga ada swadaya dari masyarakat agar virus dangue yang ada pada nyamuk dewasa punah,”ujar  dia.

Terkait masih tingginya kasus DBD,  Edwar menegaskan hal tersebut disebabkan masyarakat masih kurangnya  menerapkan pola hidup 3M. Kalau sudah ada yang terkena DBD barulah masyarakat melakukannya.

“Kami mengharapkan masyarakat aktif menerapkan 3M, jangan ada baru ada warga yang terserang DBD baru melakukannya. Tahun 2018 lalu terdata ada 100 kasus DBD, duanya  meninggal dunia yakni, di daerah Muara Kati dan Jayaloka,” tutup dia. (KTB-05)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top