Connect with us

Diduga Salahi Aturan, Satgas DD Bidik Dua Desa

Musirawas

Diduga Salahi Aturan, Satgas DD Bidik Dua Desa

MUSIRAWAS LK- Mendekati pengujung tahun ini, Pemerintah Pusat melalui Satuan Tugas (Satgas) Pengawasan Dana Desa (DD) tengah membidik dua desa yakni Desa Petunang Kecamatan Tuah Negeri dan Desa Sumber Karya Kecamatan STL Ulu Terawas karena diduga menyalahi aturan dalam realisasi DD.

Pernyataan itu disampaikan Inspektur Kabupaten Mura, Alexander didampingi Sekretaris Pujo Wiloso kepada wartawan, Selasa (6/11/2018).

Pujo menjelaskan bahwa semua dari hasil koordinasi pihaknya bersama Satgas Pengawasan DD.
Sejak awal tahun hingga November, barulah ada upaya tengah dilakukan investigasi kebenaran adanya tindak penyalahgunaan realisasi DD 2018 mengarah ke dua desa yakni Desa Petunang dan Sumber Karya.

Pihaknya mengutus petugas ikut masuk tim bergabung satgas segera akan mengambil langkah lakukan audit keuangan DD kedua desa dimaksud.

“Terakhir, kita kedatangan tim satgas mengabarkan informasi. Setelah dilanjutkan, hasil eks-meeting bersama bupati. Tim satgas menitipkan agar bupati segera mengaudit dua desa. Dan hingga sekarang, Inspektorat Mura masih menunggu kelanjutannya,” jelas Pujo.

Lebih jauh, ia menegaskan dalam pelaksaan audit nantinya. Detail target diaudit adalah realisasi DD yang dananya bersumber dari APBN. Semua mengarah terkait realisasi dari pada penggunaan anggaran, baik ke fisik maupun pemberdayaan.

“Yang jelas namanya audit dana desa semua tergantung kondisi mana yang memang terjadi kejanggalan. Nama auditnya, audit khusus yang arahnya pengelolaan keuangan meliputi perencanaan, pengajuan, pelaksanaan,”tandasnya.

Adapun nantinya dari hasil audit adalah ditemukan atau tidaknya penyalahgunaan. Pertama jika ditemukan sifatnya administrasi hanya cukup internal. Begitu sebaliknya, jika ditemukan penyalahgunaan maka tidak menutup kemungkinan, semuanya dilimpahkan ke Aparat Penegak Hukum,”tutupnya.

Penulis: Hendy Renaldy – copyright @linggauklik.com 2018

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top