Connect with us

Danramil 406-04 Muara Lakitan Hadiri Monitoring Tekhnis Penggunaan Si Rekap

Musirawas

Danramil 406-04 Muara Lakitan Hadiri Monitoring Tekhnis Penggunaan Si Rekap

MUSI RAWAS LK-Danramil 406-04/Muara Lakitan, Kapten Inf Muhammad Assad menghadiri Monitoring Bimbingan Tekhnis Penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Si Rekap) dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mura tahun 2020.

Dimana Monitoring Bimbingan Tekhnis Penggunaan Si Rekap kepada seluruh PPS dan KPPS Se-Kecamatan Muara Lakitan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Muara Lakitan, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Mura, sekitar pukul 09.30 WIB, Jumat (4/12/2020)

Giat ini di hadiri, Kanit Intelkam Polsek Muara Lakitan, Bripka Asrul Layali, Sekcam Muara Lakitan, H.Hermansyah, Danramil Muara Lakitan, Kapt.Inf.M.Assad, Ketua PPK Kecamatan Muara Lakitan, Hendar Efri SPd. Beserta anggota dan seluruh PPS dan KPPS Se Kecamatan Muara Lakitan.

Dalam sambutannya Sekcam Muara Lakitan, Hermansyah mengatakan kepada para peserta Bimtek untuk betul-betul mempelajari materi.

“Agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menimbulkan permasalahan yang datangnya dari penyelenggara pemilu,” katanya.

Sementara itu, Ketua PPK Muara Lakitan, Hendar Efri berharap kami selaku penyelenggara ditingkat Kecamatan dengan giat Bimtek ini, seluruh anggota PPS dan KPPS bisa mendapatkan ilmu setelah mengikuti Bimtek, serta dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan benar saat hari pemungutan maupun penghitungan suara.

“PPS berkewajiban melaksanakan Bimtek penghitungan suara, kepada KPPS yang didampingi PPK,” katanya.

Dikatakannya, ditengah pendemi Covid 19, sehingga mewajibkan kita menggunakan Prokes pencegahan Covid 19 di TPS.

KPPS harus memahami teknologi informasi dimana sebagai penunjang laporan KPU menggunakan Si Rekap, akan tetapi KPPS jangan terjebak dengan Si Rekap.

“Karena mengingat aplikasi ini menggunakan jaringan internet tentu sangat memungkinkan ada kendala,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan, tepat Pukul 07.00 WIB, Petugas KPPS harus memastikan bahwa saksi dan pengawas sudah ada di TPS.

Petugas KPPS harus memastikan bahwa Saksi dan Pengawas sudah ada di TPS serta larangan kepada Pemilih untuk mengambil gambar baik dalam bentuk foto maupun video di Bilik Suara.

KPPS menyerahkan Surat Suara kepada Pemilih dalam keadaan terbuka, selanjutnya Pemilih menuju Bilik Suara untuk melakukan Pencoblosan.

KPPS mempunyai kewajiban mendahulukan penyandang disabilitas dan Orang lanjut usia untuk melakukan pencoblosan. Pemilih yang boleh didampingi adalah penyandang disabilitas yang tidak bisa membaca huruf braille, bisa didampingi pihak keluarga atau Petugas KPPS .

KPPS tidak dibenarkan menutup Pemungutan Suara sebelum Pukul 13.00 WIB.

“Lalu, KPPS mempunyai tugas untuk menyalin Model C Hasil-KWK serta menempelkannya pada tempat yang mudah dilihat Masyarakat,” paparnya.

Kemudian, Materi Bimtek PPS dan KPPS se Kecamatan Muara Lakitan di sampaikan oleh Divisi Tekhnis PPK Kecamatan Muara Lakitan, Supriyadi.

Metode Penerapan Protokol Kesehatan pada masa pandemi Covid-19 di TPS. Perkenalan dan penjelasan tentang Si Rekap, diawali dengan menunjukan cara mendownload aplikasi pada Handphone (HP) Android dan langkah-langkah penggunaan selanjutnya.

Cara Penggunaan Sirekap Mobile di TPS dan Sirekap Web untuk rekapitulasi perhitungan perolehan suara.

Perubahan Formulir yang digunakan berdasarkan PKPU No. 08 tahun 2018. Memperkenalkan contoh model formulir dan cara pengisiannya.

Pengecekan Perlengkapan dalam penggunaan Sirekap yakni ponsel pintar minimal 2 buah, aplikasi Sirekap, Jaringan internet dan paket data internet.

Cara menyikapi apabila jaringan internet yang lemah di TPS. Untuk Soft Copy materi kami share ke Grup WA PPS untuk di pelajari kembali di rumah.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top