Connect with us

Ciptakan Netralitas ASN, Bawaslu Gelar MoU

TANDA TANGAN : Ketua Bawaslu Kabupaten Mura, Oktureni Sandhra Kirana didampingi Kapolres Mura, AKBP Efrannedy, Asisten I Setda Mura, H Heriyanto beserta seluruh kepala OPD dan ASN di Kabupaten Mura, menandatangani Mou Netralitas ASN Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mura Tahun 2020, Kamis (23/7/2020)

Musirawas

Ciptakan Netralitas ASN, Bawaslu Gelar MoU

LUBUKLINGGAU LK-Bawaslu Kabupaten Musi Rawas (Mura), mengelar Sosialisasi Netralitas PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mura dan Penanda Tangan Mou Netralitas ASN Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mura Tahun 2020.

Pelaksanaan tersebut dilaksanakan di Dewinda Hotel, sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis (23/7/2020).

Dalam kesempatan itu dihadiri langsung, Ketua Bawaslu Kabupaten Mura, Oktureni Sandhra Kirana beserta anggota, Kapolres Mura, AKBP Efrannedy, Asisten I Setda Mura, H Heriyanto beserta seluruh kepala OPD dan ASN di Kabupaten Mura.

Ketua Bawaslu Kabupaten Mura, Oktureni Sandhra mengatakan bahwa sosialisasi Netralitas PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mura dan Penanda Tangan MoU Netralitas ASN Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mura Tahun 2020.

“Tidak lain, agar pilkada ini berjalan dengan baik, maka kami melakukan sosialisasi dan MoU ini,” kata Oktureni Sandhara.

Oktureni menjelaskan, sebenarnya mengenai PNS agak sulit karena mereka harus netral namun PNS mempunyai hak pilih, beda dengan TNI dan Polri mereka memang harus netral karena tidak punya hak pilih.

“Oleh sebab itu, ada aturan yang harus diterapkan seperti UU Nomor 5 dan PP 53, ini merupakan salah satu landasan agar mereka netral,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, namun walaupun demikian akan tetap melakukan pengawasan artinya apabila ada temuan akan lebih cepat untuk memprosesnya sesuai dengan aturan yang ada.

Tetapi akan tetap dikaji, dan diklarifikasi hingga dilaporkan dan baru diketahui sanksi apa yang diberikan.

Namun yang paling penting dan awal dilakukan peringatan apabila fatal dan kembali terulang baru dilakukan tindakan.

“Sebenarnya, tujuan ini agar pilkada tetap netral berjalan dengan baik, bermatabat, sehingga terpilihnya bupati dan wakil bupati yang benar-benar bisa memimpin Mura lebih baik,” ucapnya.

Sementara itu, mewakili Bupati Mura, H Hendra Gunawan yakni Asisten I, H Heriyanto mengatakan bahwa menyambut baik acara ini pastinya mewakili Pemkab Mura dan ASN sangat mendukung.

“Ini merupakan salah satu bentuk, upaya netralilasi PNS di Kabupaten Mura,” kata Heriyanto.

Heriyanto menjelaskan, maka dari itu kepada para ASN kiranya untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga bisa memahami materi yang disampaikan dengan baik serta menjaga pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Sekali lagi, kepada ASN untuk mengikuti sosialisasi ini dengan baik,” ucap Asisten I Setda Mura.

Kemudian, Kapolres Mura, AKBP Efrannedy menambahkan hingga saat ini kondisi kondusif, namun ASN masih mempunyai hak pilih sedangkan TNI dan Polri tidak bisa memilih kecuali pensiun atau mengundurkan diri.

“Maka dari itu, mohon kerjasamanya agar pelaksanaan Pilkada 2020 bisa berjalan dengan lancar, aman, damai dan sejuk,” kata kapolres.

Kapolres menjelaskan, silakan kepada ASN dan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya namun sesuai aturan boleh bedah pendapat, beda gagasan dan beda pilihan.

“Namun tetap jaga kesatuan dan persatuan serta jaga kamtibmas yang aman, damai dan sejuk,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top