Connect with us

Bupati : Majunya Desa, Tanggung Jawab BPD dan Pemerintah Desa

Musirawas

Bupati : Majunya Desa, Tanggung Jawab BPD dan Pemerintah Desa

LUBUKLINGGAU LK-Bupati Mura, Hj Ratna Machmud, berharap besar kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di Kabupaten Mura, untuk membantu pemerintah desa dalam memajukan desa.

Hal tersebut dilontarkan, orang nomor satu di Kabupaten Mura, saat menghadiri, Bimbingan Teknis Kewenangan Lokal Skala Desa dan Fungsi BPD Dalam Penyelenggaran Pemerintah Desa Tahun 2021, di Gedung Bagas Raya, sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (3/12/2021).

Bupati Mura, Hj Ratna Machmud mengatakan bahwa semoga Bimtek ini bisa membawa lebih baik dan bekerjasama dengan kades dan pemerintah desa.

“Namun, tetap diutamakan gotong royong, menempatkan budaya serta memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Mura.

Bupati menjelaskan, BPD ini sama saja dengan DPRD, hanya saja ruang lingkupnya dipedesaan, artinya dituntut untuk selalu bekerja sama dengan pemdes untuk memajukan desa.

“Apabila, desa maju, otomatis, Kabupaten Mura, akan ikut maju, oleh sebab itu saya tekankan, kepada BPD dan Kades serta pemerintah desa saling bekerjasama untuk melajukan desa masing-masing. Dan, mohon dukungannya, untuk mewujudkan Mura MANTAB (Maju, Mandiri dan Bermartabat),” jelas Bupati

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Kabupaten Mura, Dodi Johan mengatakan bahwa pastinya, tugas BPD ialah pendamping dari kinerja dan tugas dipedesaan dalam artian kepala desa.

“Artinya, kami akan selalu membantu dan mendampingi kinerja kades dan pemerintah desa, mewujudkan visi dan misi disetiap pedesaan,” kata Dodi sapaanya.

Dodi menjelaskan, selain itu, salah satu tugas BPD ialah melakukan pengawasan untuk pemerintah dipedesaan.

“Namun, tetap dipastinya, antara BPD dan Pemerintah Desa akan tetap bersinergitas untuk memajukan desa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPDENAS), Kabupaten Mura, Willy Wicaksana dalam sambutannya, sejak dilantik pada 27 Desember 2019, belum dapat bekal apapun, dan baru hari ini diberikan pembekalan dibawah naungan, Bupati Mura, Hj Ratna Machmud.

“Namun, ABPDENAS akan mendukung program dan visi dan misi bupati mura, dalam mewujudkan Mura Mantab,” katanya.

Willy sapaanya menjelaskan, adapun tujuan bimtek ini antara lain, memberikan pemahaman kapada tugas BPD, mengkoordinasikan dengan UU Pemerintah Desa dan tugas pokok pemerintahan desa.

“Lalu, memberikan pemahaman organisasi BPD serta memberikan pelatihan dan simulasi tugas dan fungsi BPD,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Reskrim Polres Mura, AKP Dedi Rahmat Hidayat, para camat dan kades serta anggota BPD Se Kabupaten Mura.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top