Connect with us

Bupati Kukuhkan 214 Bunda Baca se-Kabupaten Mura

Musirawas

Bupati Kukuhkan 214 Bunda Baca se-Kabupaten Mura

MUSI RAWAS LK- Sebanyak 214 Bunda Baca se-Kabupaten Musi Rawas (Mura), Kamis (6/12) dikukuhkan oleh Bupati Mura H Hendra Gunawan, dengan harapan mampu meningkatkan budaya baca dimulai dari keluarga, sekolah fn masyarajat dalam rangka mewujudkan Mura Sempurna Cerdas.
Dimana jumlah tersebut, terdiri dari Bunda Baca Kabupaten yakni dr Hj Noviar Marlina Gunawan yang tak lain Istri Bupati Mura, kemudian 14 Bunda Baca kecamatan yang merupakan istri camat, dan 186 Bunda Baca Desa yakni Istri Kepala Desa (Kades), serta 13 Bunda Baca Kelurahan yang merupakan istri dari lurah yang ada di Kabupatrn Mura.
Usai mengukuhkan 214 Bunda Baca se-Kabupaten Mura, Bupati Mura H Hendra Gunawan mengatakan, sebelum melakukan pengukuhan Bunda Baca ini yang sebelumnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Mura yang sudah menetapkan satu des sebagai percontohan kampung baca.
Sehingga lanjut ia, dengan upaya-upaya tersebut menandakan bahwa membaca memang sangat penting, sehingga dengan membaca ini maka ilmu pengetahuan akan didapat dan dapat dikembangkan menjadi inovasi. Sebab manusia yang hebat, manusia yang luar biasa, adalah manusia yang banyak membaca.
“Artinya betapa pentingnya membaca ini. Terlebih dengan semangat ayo membaca yang digelorakan oleh pelajara dalam bentuk nyanyian, untuk mengajak kita semua untuk membaca,” ungkapnya.
Ditambahkannya, bahkan negara ini akan menjadi negara yang hebat dan besar jika masyarakatnya yang banyak membaca. Jadi untuk majunya daerahnya ini, khususnya Kabupaten Mura dengan dilantiknya bunda baca ini, dan inilah yang diharapkam dapat memacu dan menggerakkan serta mengejar ketertinggalan.
“Selain itu, dengan membaca ini bisa mengejar dan menjadikan Kabupaten Mura agar terciptanya kesetaraan dengan daerah lain. Sehingga menjadikan bangsa ini bangsa yang besar. Jika memang manusianya terus menanamkan niat dan tekat untuk belajar dan membaca,” tegasnya.
Sebelum mengakhiri sambutannya, bupati mengucapkan terimakasih dan selamat bekerja, dan ini merupakan amanah yang besar diberikan dan harus juga diterima dengan ikhlas. Sebab dengan niat ikhlas, maka tidak ada pekerjaan yang berat.
Terlebih sambung ia, dengan menggerakkan separoh masyarakat Mura, yang sebagian besar perempuan, yang saat ini sudah banyak manfaat yang sama-sama dirasakan. Untuk itu, bupati meminta agar tetap semangat walau tidak digaji, dan khusus untuk bunda baca kecamatan, desa dan kelurahan diharapkan mampu mendorong bapak-bapaknya.
“Bahkan, meski dalam kondisis yang begitu sulit dan susah dengan keterbatasan yang ada, namun tidak menyurutkan semangat untuk maju. Seperti halnya salah satu guru PAUD kita, yakni Muzayanah dari Muara Lakitan mampu membuktikan dengan meraih prestasi yang baik hingga ke tingkat nasional. Hal itu menunjukan bahwa jeri payah dan juga tetes keringatnya selama ini membuahkan hasil yang baik. Hal ini harus dicontoh untuk yang lainnya,” tutupnya. (Roem Royen)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top