Connect with us

Bupati Kenakan Baju Adat Papua, Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

Musirawas

Bupati Kenakan Baju Adat Papua, Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

*Wabup Dapat Surprize dari Bupati

MUSI RAWAS LK-Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan memimpin langsung upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 tahun 2019 tingkat Kabupaten Mura, di Halaman Kantor Bupati Mura, sekitar pukul 07.30/WIB, Senin (28/10/2019).

Uniknya upacara HSP mengenakan baju adat begitu juga dengan orang nomor satu di Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan khas Papua lengkap dengan mahkotanya.

Upacara tersebut dihadiri, Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti, Kapolres Mura, AKBP Suhendro, Kodim 406/MLM, Letkol Inf M Aan Setiawan, Sekda Mura, EC Priskodesi, Kasubag TU Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Mura, H M Rais dan perwakilan Kejaksanaan Negeri, pelajar, mahasiswa dan juga Ormas.

Dalam upacara peringatan HSP tersebut, Bupati Mura, H Hendra Gunawan dalam sambutan Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengatakan, Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu kita maju”.

“Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” kata Bupati.

Bupati menjelaskan, kemudian, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

“Namun pada sisi lain perkembangan ini mempunyai dampak negative, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masih dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab disiplin kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

“Selain itu, pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” ucapnya.

Ditambahkan Bupati, tema, “Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju.

Pemuda untuk Indonesia Maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Kembali ia menjelaskan, jika pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut serta membangun dunia masih kata Bupati, harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia,” tutupnya.

Serangkan demi serangkaian semarak Hari Sumpah Pemuda tersebut berjalan dengan lancar, muali dari upacara, perade busana nusantara, penampilan drama oleh para pelajar dan juga Kibar Pemuda Pancasila serta lomba bercerita lucu dengan bahasa daerah.

Selain itu, dimoment yang bersamaan, Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti juga genap menginjak usia 60 tahun. Untuk itu, di sela lomba bercerita, tanpa sepengetahuan Wabup, Bupati Mura, H Hendra Gunawan memberikan surprize dengan membawakan kue ulang tahun. Hal tersebut, sontak membuat Wabup kaget dan bahagia.(Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top