Connect with us

BPPRD Gelar Kegiatan Bulan Bakti dan Pelunasan PBB-P2

Musirawas

BPPRD Gelar Kegiatan Bulan Bakti dan Pelunasan PBB-P2

MUSI RAWAS LK-Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Dearah ( BPPRD), Kabupaten Mura sukses menyelenggarakan kegiatan Bulan Bakti dan Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) pada 2019.

Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Tiang Kepumpung Kepungut (TPK) dihadiri oleh seluruh Kepala Desa (Kades), Lurah, Camat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut untuk memotivasi masyarakat, desa dan kecamatan untuk melakukan pembayaran PBB-P2, Rabu (18/9/2019)

Plt Kepala Dinas BPPRD Mura, Doddy Irdiawan mengapresiasikan diadakannya kegiatan tersebut  untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas. Bahwa PBB sektor Perkotaan dan Pedesaan yang sebelumnya merupakan pajak yang dikelola oleh Pemerintah Pusat, menjadi pajak daerah yang saat ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.

“Kegiatan Bulan Bakti PBB-P2 ini secara khusus bertujuan meningkatkan kesadaran dan menggiatkan para wajib pajak, agar membayar pajak tepat waktu sesuai ketetapan,” kata Doddy sapaanya.

Doddy menjelaskan, atas nama jajaran aparat Pemkab Mura maupun pribadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparat Pemerintah Desa yang dengan penuh kesadaran tetah melaksanakan kewajibannya, memotivasi dan memberikan pelayanan pada masyarakat dalam membayar PBB.

“Kesadaran dan ketaatan seluruh warga masyarakat dalam membayar pajak, merupakan bentuk kepedulian masyarakat yang sangat besar terhadap pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mura,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, namun demikian kesadaran masyarakat terhadap penunaian kewajiban membayar PBB masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, untuk mendukung kesuksesan pembayaran PBB P2 oleh masyarakat, perlu diimbangi dengan peningkatan profesionaisme aparatur pajak termasuk kecepatan penyampaian SPPT PBB kepada para wajib pajak.

“Bahwa pada 2018 yang lalu dari ketetapan sebesar Rp. 5.583.667, 254 M dari 127.857 lembar SPPT terealisasi 96,850/0,” jelasnya.

Kembali ia, menjelaskan, untuk di 2019 ini ketetapan sebesar Rp. 6.050.013,644 M dari 129.914 lembar SPPT baru terealisasi sebesar 39,22%.

Oleh karena itu, diharapkan pokok ketetapan PBB P2 pada 2019 ini dapat tercapai sepenuhnya, mengingat saat ini PBB telah menjadi bagian dari pajak daerah, yang sangat dibutuhkan sebagai modal pembangunan daerah mewujudkan masyarakat yang Iebih sejahtera.

“Saya berharap kepada seluruh PNS di Lingkungan Pemkab Mura terutama Yang menjadi wajib pajak, agar menjadi Panutan dan teladan masyarakat. Ajaklah masyarakat di lingkungan Saudara untuk taat membayar PBB,” tutupnya(Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top