Connect with us

BPBD Mura-Muba Sepakat Tanggulangi Bencana di Wilayah Perbatasan

Musirawas

BPBD Mura-Muba Sepakat Tanggulangi Bencana di Wilayah Perbatasan

MUSI RAWAS LK- Badan Penanggulangan Benacana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), sepakat akan melakukan kerjasama dalam pananggulangan segala bentuk becana yang terjadi di wilayah perbatasan di kedua kabupaten tersebut.

Sehingga penanggulangan yang dilakukan akan lebih optimal dan maksimal. Hal tersebut terungkap, setelah adanya kunjungan BPBD Kabupaten Muba ke BPBD Kabupaten Mura, Selasa (29/10/2019).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Mura, Paisol menyampaikan, kunjungan BPBD Kabupaten Muba ke BPBD Kabupaten Mura tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat sebelumnya antara Pemkab Mura dan Pemkab Muba yang akan mengadakan kerjasama dan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) untuk penanganan segala bentuk bencana.

“Hari ini, BPBD Kabupaten Muba yang dipimpin oleh Kabid Kebencanaan, Erik bersama lima anggota lainnya melakukan kunjungan ke BPBD Kabupaten Mura. Kunjungan tersebut untuk membahas rencana kerjasama yang akan kami lakukan dalam penanggulangan bencana diwilayah perbatasan,” kata Paisol.

Paisol menjelaskan, kendati kerjasama tersebut sudah diwacanakan sebelumnya, namun baru akan terealisasi. Hanya saja, dalam pertemuan hari ini, baru sebatas koordinasi dan shering untuk membahasa konsep MoU yang akan dilaksanakan.

Namun ia berharap, dalam kerjasama tersebut nantinya bukan hanya dibidang bencana kebakaran hutan saja, melainkan juga dibidang bencana lainnya seperti banjir dan orang hanyut.

“Karena, untuk kejadian orang hanyut di Kabupaten Mura akan bermuara di Kabupaten Muba. Bahkan hal itu sudah pernah terjadi, dimana ada warga Kabupaten Mura yang hanyut dan ditemukan di Kabupaten Muba. Ini baru sebatas konsep dulu, dan nanti akan ada pertemuan kembali untuk penandatanganan MoU,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dengan adanya kerjasama dalam menanggulangi bencana diwilayah perbatasan, sehingga bisa saling melengkapi peralatan satu sama lainnya.

Jadi ketika ada kejadian di wilayah perbatasan antara Kabupaten Mura dan Muba ini, BPBD Mura dan Muba akan sama-sama turun untuk melakukan penanggulangan. Hal ini tentunya sangat baik dan bagus untuk dilaksanakan, mengingat kedua daerah ini saling berbatasan.

“Intinya sama-sama saling siap ketika salah satu daerah meminta bantuan untuk penanggulangan bencana. Kerjasama ini merupakan tindak lanjut hasil rapat antara Pemkab Mura dan Pemkab Muba dalam rangka penanggulangan bencana di daerah perbatasan,” tutupnya.(Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top