Connect with us

Belum Ada Tenaga Peneliti Lokal

Musirawas

Belum Ada Tenaga Peneliti Lokal

MUSI RAWAS LK– Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Musi Rawas (Mura) memastikan hingga saat ini belum memiliki tenaga peneliti lokal. Sehingga, dengan kondisi ini maka daerah masih ketergantungan dengan tenaga peneliti dari luar.
“Memang hingga saat ini kami belum ada petugas peneliti. Karena memang, untuk syarat jadi peneliti berat dari segi pangkat minimal golongan III, harus membuat tulisan dan masuk ke jurnal dan diuji oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI),”jelas Kepala Balitbang Kabupaten Mura, H Bambang Hermanto, Selasa (3/12/2018).

Bambang sapaanya menjelaskan, dengan belum adanya tenaga peneliti lokal maka untuk penelitian masih menggandeng LIPI ataupun lembaga lain yang lebih berperan.

Sehingga, ditahun depan pihaknya mengikutsertakan pegawainya dalam  pendidikan singkat sebagai calon peneliti.

“Idealnya kita harus ada petugas peneliti. Sehingga dampaknya ketergantungan dengan lembaga peneliti sangat besar ditambah biaya yang mahal,”jelasnya.
Lebih lanjut, Bambang menjelaskan,  untuk tahun ini pihaknya meneliti peluang UPTD Perkebunan dan Balai Benih Perikanan menjadi BLUD.

Dimana, untuk hasilnya masih disusun kendati kemungkinan besar peluang tersebut dapat terealisasi.

“Bila UPTD ini menjadi BLUD maka pengelolaan keuangan akan lebih fleksibel dan pelayanan kepada masyarakat lebih cepat,”ucapnya.
Selain itu, ditahun depan pihaknya akan melakukan penelitian riset Infrastruktur dan wilayah yakni pengembangan infrastruktur dasar masyarakat tepat sasaran. Sehingga, dengan begitu maka akan dipetakan wilayah dan rekomendasi berdasarkan riset agar pembangunan infrastruktur dapat tepat sasaran.
“Ditahun depan kami juga akan melakukan pengembangan riset bidang ekonomi dengan tema pembuatan pakan ikan berbasis SDA,”katanya.
Terlepas dari itu, mantan Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfo) Kabupaten Mura ini berharap agar ditahun depan daerah Bumi Lan Serasan Sekentenan tersedia tenaga peneliti sendiri. Sehingga, dengan begitu maka program penelitian di Balitbang dapat lebih efisien dan cepat.
“Intinya kami berharap agar secepatnya di Mura segera ada tenaga peneliti sendiri agar ketergantungan terhadap lembaga penelitian luar bisa lepas,”tutupnya.(Roem Royen)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top