Connect with us

Basarnas Berikan Pelatihan “Water Rescue”‎

Musirawas

Basarnas Berikan Pelatihan “Water Rescue”‎

*Penanggan Bencana di MLM

MUSI RAWAS LK– Badan Pencarian dan pertolongan (Basarnas), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel),meningkatkan koordinasi, sekaligus berbagi pengetahuan terkait penanganan bencana alam. ‎
Tim memberikan pelatihan pembekalan “Water Rescue”, kepada seluruh pontensi SAR perwakilan Mura, Lubuklinggau dan Muratara serta melibatkan pihak Polri dan TNI.Kegiatan pelatihan dilakukan di Auditorium Eks Pemkab Mura, sekitar pukul 09.00 WIB, Senin (26/11/2018).

Dalam kesempatanya, Kepala Basarnas Sumsel, Berty D. Y Kowaas menegaskan, sebagaimana sudah menjadi program kerja.

Pihaknya Basarna Sumsel, kembali gulirkan kegiatan pelatihan, di kesempatan tahun 2018, pihaknya bersamaan telah berdirinya dua kantor perwakilan yakni Pos SAR Kota Pagaralam dan Kantor Perwakilan Basarnas Musi Rawas.

‎”Datangnya kita kesini (Kota linggau/red), tujuannya berikan edukasi pelatihan, Water Rescue. Pelatihan sendiri, basarnas mengajak seluruh potensi SAR perwakilan tiga wilayah baik Mura, Linggau maupun Muratara. Dimana, terdiri dari perwakilan BPBD, Damkar, Satpol PP bersama pula perwakilan TNI dab Polri,” kata Berty D. Y Kowaas.
Berty sapaanya menyebutkan giat pembekalan sendiri tidak hanya pelatihan Water Rescue. Melainkan, untuk pelatihan Aplikasi nantinya dilansungkan di Danau Aur pada 1 dan 2 Desember mendatang.
“Selain pelatihan. Kita juga ada namanya giat aplikasi. Yakni kegiatan lanjutan, setelah pembekalan materi. Seluruh peserta akan melakuka tata cara penyelamatan korban bencana. Dan lokasinya, kita akan pilih Danau Aur berada kecamatan Sumber Harta. Semua nantinya peserta dilengkapi segala sesuatunya,”jelas pria berseragam Orange ini.
Disamping itu, menghadapi potensi cuaca penghujan. Tentunya, seluruh daerah tak terkecuali di tiga wilayah rawan bencana banjir. Sehingga, sebagai salah satunya. Upaya pembekala sangatlah dibutuhkan.

Begitu juga mengenai bencana alam. Kita sudah secara keseluruhan. Di palembang, telah memastikan Sumsel darurat bencana banjir. Nah, sebagai kesiapan kita khsusunya back up tiga wilayah sudah ada 10 orang personil terlatih dan kelengkapa peralatan.

Jadi jika adanya bencana, minimal, dengan sinkronya digulirkan pelatihan. Kita bersama-sama mampu, paling tidak meminimalis jatuhnya korban.‎

“Intinya dengan semuanya berkordinasi. Jadi segala sesuatu bisa cepat ditangulangi. Karena semua bencana alam menjadi tanggung jawab kita bersama saling membatu dalam kemanusiaan,”tutupnya.
Sementara itu, Asisten III Setda Mura,  Edi Siswato mengampersiasi langkah Basarnas mengelar pelatihan dan pembekalan Water Rescue.
“Kita pemerintah sifatnya bisa memfasilitasi. Apapun kegiatan positive. Terutama terhadap, gerak cepat dari basarnas dalam melakukan kegiatan kemanusian. Artinya, dengan semua saling bahu dan bersinergi. Tidak ada pesoalan tidak bisa terselesaikan . Apalagi,  penangulangan maupun evakuasi korban  bencana alam,”tutup Asisten III ini.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top