Connect with us

Banjir di Musi Rawas, Ternyata Bisa Hasilkan Rp200 Ribu Sehari Loh

Foto nampak jasa ojek perahu sedang menarik oenumoang di lokasi banjir di Kecamatan Muara Kelingi kemarin, Selasa (11/2/2020)

Musirawas

Banjir di Musi Rawas, Ternyata Bisa Hasilkan Rp200 Ribu Sehari Loh

MUSIRAWAS,LK-Luapan Sungai Musi yang membanjiri tiga Kecamatan dan merendam ribuan rumah di Kabupaten Musi Rawas (Mura), ternyata membawa berkah bagi ojek perahu. Sejak banjir melanda, pendapatan meningkat akibat banyak warga yang menggunakan jasa angkut.

Setiap kali datang banjir dan jalan  penghubung antar Desa terputus akibat genangan air yang tinggi, sebabnya jasa anggkutan perahu mulai bermunculan.

Banjir akibat meluapnya Sungai Musi yang melanda desa di Kecamatan Muara Lakitan, Kecamatan BTS Ulu Cecar dan Kecamatan Muara Kelingi, mencapai ketinggian 120 cm hingga 200 cm. warga sekitar yang akan melintas pada umumnya mengalami kesulitan akibat bencana musiman ini.

Samsul Rizal, salah satu supir ojek perahu, Selasa kemarin (11/2/2020) dengan adanya jasa perahu ini dapat membantu aktifitas warga yang ingin berpergian, sebabnya baik mobil maupun sepeda motor tidak bisa melintas karena jalan tergenang air.

“Banjir ini menjadi berkah untuk kami supir perahu,”kata Samsul Rizal saat diwawancarai.

Dalam seharinya kata Samsul, ia bisa memperoleh hasil dari jasa perahu sekitar Rp 200.000, tapi jika ia mengangkut berhari-hari tanpa berhenti. Untuk tarif sendiri satu orangnya ia patok dengan harga Rp5.000 untuk sekali angkut.

Untuk sekali keberangkatan, perahunya bisa menampung lima sampai enam orang dan tidak menentu. Tentu selama dua hari banjir diakuinya itu bisa membantu untuk kebutuhan keluarganya.

Karena Samsul mengaku jika rumah tempatnya tinggal juga terkena banjir dan ikut terendam. Ia juga ungkapkan belum mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

“Alhamdulillah dengan ojek perahu ini saya bisa memberi makan keluarga saya,”ungkap ia.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top