Connect with us

Bahas Antisifasi Karhutla, BPBD Mura dan BPBD Muba Duduk Bersama

Musirawas

Bahas Antisifasi Karhutla, BPBD Mura dan BPBD Muba Duduk Bersama

MUSI RAWAS LK– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menerima kunjungan dari BPBD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Dimana, kunjungan tersebut yakni membahas persiapan antisipasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah perbatasan dua Kabupaten tersebut.

“Iya, tadi kami menerima kunjungan dari pegawai BPBD Muba di kantor kami dalam rangka kerjasama antisipasi karhutla,”jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura, H Darsan didampingi Kasi Kedauratan dan Logistik, Eko Sefriwan, Kamis (5/8/2021).

Eko sapaanya menjelaskan, masalah ini perlu dibahas karena di lokasi tersebut tepatnya di Desa Prabumulih 1, Kecamatan Muara, Lakitan, Kabupaten Mura dan Desa Jabalui Kabupaten Muba terdapat lahan gambut dan sering terbakar.

Menurutnya, untuk mengantisipasi karhutla diperlukan kerjasama dan apabila terjadi kebakaran baik Mura dan Muba akan berkomunikasi untuk penyelesaian pemadaman kebakaran hutan dan lahan maka akan dikirim personil dan peralatan agar penanganan dapat efektif. Apalagi, di perbatasan terdapat kurang lebih 3000 hektar lahan gambut. Sehingga, dengan begitu menjadi atensi dalam penanganan.

“Kami siap siaga dan akan mengirimkan personil dalam rangka memudahkan pemadaman karhutla,”terangnya.

Selain itu, dalam rangka penanganan karhutla tahun ini. Maka BPBD Mura sudah melakukan simulasi penanganan karhutla pihaknya sudah menyiapkan peralatan dan 33 tim reaksi cepat (TRC). Apalagi, Agustus dan September adalah puncak dari musim kemarau khususnya untuk di Mura.

“Kami menghimbau kepada masyarakat dan pihak pengusaha perkebunan agar dapat sama-sama menjaga lahan diwilayah masing-masing agar dapat terbebas dari karhutla,”tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top