Connect with us

Asisten I : Silakan Buat Laporan Ke Polres

DIALOG : Pihak Pemkab Mura dan Polres Mura bersama Koalisi Trisula berdialog di Ruang Bina Praja, Kantor Bupati Mura, Rabu (27/11/2019)

Musirawas

Asisten I : Silakan Buat Laporan Ke Polres

*Kompol Suparlan : Kalau Terbukti Bersalah Akan Kami Proses

MUSI RAWAS LK-Koalisi Trisula usai melakukan unjuk rasa di Kantor BPN Kabupaten Mura, Polres Mura dan Kantor Bupati Mura, sekitar pukul 11.00 WIB, Rabu (27/11/2019).

Akhirnya, aksi unjuk rasa tersebut dilanjutkan dengan berdialog diruang Bina Praja, dipimpin langsung, Asisten I Setda Mura, H Hermanto didampingi Kabag Ops Polres Mura, Kompol Suparlan.

Dalam kesempatan itu, saat berdialog dihadiri perwakilan Dinas Perkebunan, Dinas Lingkungan Hidup serta perwakilan PT PHMl.

Adapun tuntutan yang disampaikan diantaranya, perwakilan Koalisis Trisula, Efendi menyampaikan kiranya pihak Polres Mura untuk melakukan penyelidikan adanya dugaan tindak pidana dilakukan oleh PT PHML.

Kemudian, agar pihak BPN Kabupaten Mura untuk melakukan kroscek adanya dugaan pihak perusahaan menanam sawit di luar HGU, serta ada indikasi oknum BPN yang diduga melakukan manipulasi data.

Selanjutnya, pihak Pemda Mura kiranya untuk melakukan pencabutan izin PT PHML serta meminta hasil uji lab dari DLH hasil dari limbah perusahaan tersebut.

Sementara itu, Sopian pemilih tanah warga Desa Ciptodadi meminta agar tanahnya dibayar dengan luas 0,6 hektare yang menurutnya belum dibayar oleh pihak perusahaan.

Kemudian, M Sancik meminta intansi terkait untuk bertanggung jawab adanya kerusakan Sungai Kungku, sebab untuk bukti cukup kuat baik foto dan video serta keterangan masyarakat.

Serta meminta hasil tes lab dari hasil limbah perusahaan, dan adanya tanaman sawit yang ditanam di dekat sungai sehingga diduga bisa merusak sungai. Lalu, meminta Amdal untuk diaktifkan kembali khusus tentang lingkungan.

Setelah dilakukan dialog bersama lebih kurang dua jam, hasilnya memutuskan kiranya apabila ada kecurangan dari oknum ataupun pihak PT PHML kiranya segera melaporkan ke Mapolres Mura agar bisa dilakukan proses penyelidikan.

“Jadi hasilnya, kepada Koalisi Trisula apabila memang ada indikasi kecurangan serta mengarah tindak pidana oleh oknum ataupun pihak PT PHML, silakan melapor ke Mapolres Mura. Sedangkan khusus untuk, Sopian pemilik tanah, kita akan sama-sama turun ke lokasi melakukan pengukuran tanah kembali, nantinya apabila memang luas tanah 0,6 hektare kiranya pihak perusahaan harus membayar, namun apabila hanya ada 0,1 hektare, Sopian juga harus mau menerima pembayaran sesuai dengan hasil dilapangan nanti,” tegas H Hermanto.

Kabag Ops, Kompol Suparlan menambahkan, silakan buat laporan secara resmk disertai fakta dan korban serta saksi-saksi, pasti akan ditindak lanjuti di SPKT Polres Mura.

“Nantinya apabila ada kejanggalan dan terbukti bersalah, tentunya akan kami proses,” tutup Kabag Ops.(Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top