Connect with us

Akhir Oktober, Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Dilaunching

Musirawas

Akhir Oktober, Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Dilaunching

*Tingkatkan Perekonomian Masyarakat dan Entaskan Kemiskinan

MUSI RAWAS LK-Ditargetkan pada akhir Oktober 2021 ini, akan dilaunchingkan Program Gerakan Sumatera Selatan (Sumsel), Mandiri Pangan.

Hal tersebut tercetus pada saat, Sosialisasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Provinsi Sumsel.

Sosialisasi tersebut, dipimpin oleh, Asisten II Setda Mura, H Aidil Rusman, didampingi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel, Ir. Ruzuan Efendi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kabupaten Mura, Hayatun Nofrida.

Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Kantor Bupati Mura, Pusat Perkantoran Agropolitan Center Pemkab Mura, sekitar pukul 14.00 WIB, Senin (4/10/2021).

Dalam kesempatan itu, Asisten II Setda Mura, H Aidil Rusman mengatakan bahwasanya Pemda Mura, sangat mendukung program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, khususnya di Kabupaten Mura.

“Karena, kegiatan ini bertujuan untuk mengkooordinasikan dan mensinergikan, khususnya pangan yang ada di Kabupaten Mura,” kata Aidil Rusman.

Asisten II menjelaskan, pangan merupakan kebutuhan yang mendasar untuk masyarakat, karena dengan dilaksanakan program ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengentaskan kemiskinan masyarakat Kabupaten Mura.

Memang, masyarakat Mura, tergantung dengan beras, namun pangan juga menjadi kebutuhan masyarakat baik umbi-umbian, buah-buahan maupun sayur-sayuran.

Karena belum keseluruhan masyarakat tercukupi, apabila ini dilakukan setidaknya bisa mencukupi kebutuhan baik umbi-umbian, buah-buahan dan sayur-sayuran, yang pastinya mencegah terjadinya gizi buruk.

“Oleh sebab itu, dimohon kerjasamanya, baik TP PKK, Karang Taruna, Perbankan, BPS Mura dan OPD terkait untuk mendukung gerakan ini,” harap Asisten II Setda Mura.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel, Ir. Ruzuan Efendi, mengatakan bahwa Program Gerakan Sumatera Selatan (Sumsel), Mandiri Pangan, tidak lain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengentaskan kemiskinan dengan sasaran rumah tangga miskin.

“Sosialisasi ini dilaksanakan serentak di Kabupaten/Kota se Sumsel, mulai hari ini hingga, Kamis (7/10/2021), hanya saja di Kabupaten Mura, menjadi yang pertama, dan akhir bulan ini, langsung gerak cepat melaunching kegiatan ini, dan diperkirakan dipusatkan di Kabupaten Mura,” kata Ruzuan Efendi.

Ruzuan berharap kepada Kabupaten Mura dan kabupaten/kota lainnya kiranya mohon kerjasama dan dukungannya Program Gerakan Sumatera Selatan (Sumsel), Mandiri Pangan.

“Dan dilihat dari sosialisasi, Mura antusias cukup tinggi, dengan kerjasama yang baik, monitoring dan dibantu oleh stakeholder serta kabupaten/kota, maka Sumsel ini akan naik minimal satu digit dari angka kemiskinan,” harapnya.

Senada disampaikan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mura, Hayatun Nofrida menambahkan sangat bersyukur karena Mura, menjadi daerah sosialisasi pertama.

“Karena pertanian cukup maju, dan pastinya dengan kegiatan ini bisa mengurangi angka kemiskinan di Mura,” katanya.

Disinggung bagaimana kesiapan dan tahapan teknisnya berikutnya?

“Yang pastinya, akan koordinasi dan arahan Bupati Mura, terlebih dahulu,” tutupnya.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top