Connect with us

6.914 Anak Mura Belum Miliki Akte Kelahiran‎

Musirawas

6.914 Anak Mura Belum Miliki Akte Kelahiran‎

‎MUSIRAWAS, LK– Hingga mendekati pengujung akhir tahun, realiasasi penerbitan akte kelahiran warga masyarakat Musi Rawas (Mura) telah melampaui 82.5 tersen target pencapaian nasional, yakni terpenuhi 119.420 jiwa atau sekitar 94.5 persen. Hanya saja, semua masih ada sebanyak 6.914 jiwa warga Kabupaten Musi Rawas didominasi anak belum miliki akte kelahiran.

Kepastian itu disampaikan, Kepala Disdukcapil Kabupaten Mura, Y Mori melalui Kasi Penyajian Data, Heri mengatakan bahwa berdasarkan hasil evaluasi pendataan terhitung November 2018.

Semua ada sekitar 126.334 jiwa warga berusia, usia 0-18 tahun wajib memiliki kelengkapan akta kelahiran. Dan dari jumlah tersebut, kurang sudah ada sebanyak 119.420 jiwa atau 94,53 persen warga telah memiliki akta kelahiran.

Sedangkan, masih ada sekitar 6914 anak atau 5,47 persen warga didominasi anak belum ada memiliki akta kelahiran.

“Memang jika melihat garis besar realisasi akte kelahiran, itu semua telah terpenuhi. Bahkan bisa dikatakan over target dari ketetapan nasional. Tapi, semuanya kita pun masih ada sebanyak 6.914 jiwa yang hampir rata-rata anak belum ada akte kelahiran,”kata Heri.

Heri menjelaskan, secara detail rincian belum teralisasinya 6.914 akte kelahiran dihitung seluruh 14 Kecamatan. Masing- masing, mulai dari Kecamatan Tugumulyo, sekitar ada sebanyak 136 anak, Muara Lakitan, 1314, Muara Kelingi 2209, Jayaloka 194, Muara Beliti, 197, Terawas 278, Selangit 109, Megang Sakti 752, Purwodadi 20, BTS Ulu 950, TPK 15, Sumber Harta 15, Tuah Negeri 662 dan Suka Karya 93 anak.

“Semuanya, bisa dibilang merata hampir semua kecamatan masih ada terutama anak belum ada akte kelahiranya. Dan itu sudah ditentukan sesuai hasil pengecekan dan pendataan, masing-masing data kependudukan,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pencatatan Sipil, R Ayu Rahma menjelaskan, pencapaian pencetakan akta kelahiran bagi anak usia 0-18 tahun yang melebihi target Nasional tidak lepas dari kerja semua pihak.
Dimana, untuk pemberian pelayanan telah digulirkan baik di kantor maupun masing-masing kecamatan dengan upaya pelayanan jemput bola secara langsung.

“Soal Akte kelahiran kita capai target nasional. Dan semua tidak lepas kerja yang oprtimal. Soal belum saya tidak banyak komentar,”katanya.

Ayu menyebutkan sesuai rencana kedepan tahun 2019 mendatang. Segera pelayanan akte kelahiran bakal digulir secara online.

“Sifatnya pelayanan online nantinya, itu pemohon hanya melakukan scaning persyaratan akta kelahiran dan bilamana diverifikasi sudah lengkap maka masyarakat bisa mencetak sendiri aktanya tanpa harus ke kantor Capil,”tutupnya.

Penulis: Hendy Renaldy – copyright @linggauklik.com 2018

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top