Connect with us

46 Rumah Warga Pulau Panggung Terendam Air

BANJIR : Nampak warga dan suasana banjir di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Mura, Jumat (3/1/2020)

Musirawas

46 Rumah Warga Pulau Panggung Terendam Air

*Aktivitas Warga Mulai Lumpuh

MUSI RAWAS LK-Sedikitnya 46 rumah warga di Desa Pulau Panggung, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura), terendam air.

Banjir tersebut diduga lantaran curah hujan turun dan mengakibatkan kafasitas air di Sungai Musi meluap sehingga masuk kedalam rumah warga.

Hal tersebut dibenarkan, Kepala Desa Pulau Panggung, Rozali saat dimintai keterangan, Jumat (3/1/2020).

“Iya, memang ada sekitar 46 rumah warga yang telah terendam air,” kata Rozali.

Rozali menjelaskan, kafasitas air Sungai Musi yang mulai meluap terjadi sekitar pukul 23.00 WIB, Kamis (2/1/2020), hingga memasuki rumah warga di Desa Pulau Panggung.

Saat ini ke 46 warga yang rumahnya mulai digenangi air, mulai melakukan antisipasi dengan cara memindahkan barang berharga ketempat tetangga dan keluarga yang lokasi rumahnya di dataran agak tinggi.

“Warga sudah mulai antisipasi, takut kafasitas air sungai kembali naik, sehingga membuat rumah lebih terendam oleh air,” ucap Kades Pulau Panggung ini.

Lebih lanjut, Rozali menghimbau, kepada warga untuk berhati-hati takut ada banjir susulan baik warga dewasa terlebih lagi anak-anak.

Selain itu juga waspada terhadap penyakit, karena akibat banjir bukan hanya rumah yang terendam tetapi juga berdampak penyakit.

“Sudah, konfirmasi dengan pemerintah baik kelurahan, kecamatan hingga pemda, hanya saja saat ini masih menunggu,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Mura dari Partai PKS, Al Imron menghimbau kepada dinas terkait untuk meninjau langsung. Sebab, kondisi debit air terus meningkat sehingga melumpuhkan aktivitas bahkan perekonomian masyarakat.

“Sudah dua hari sejumlah rumah warga terendam banjir, jelas perekonomian masyarakat lumpuh total.”ujarnya

Imron meminta jika ada bantuan untuk segera diturunkan karena masyarakat tidak ada pemasukan perekonomian bahkan terancam sakit.

“Tidak hanya itu saja, bahkan ada salah satu bagian dapur rumah warga yang terbawak arus.” katanya

Selain itu, ia juga meminta kepada masyarakat untuk terus bersabar dan mengurangi aktivitas dalam air supaya tidak mudah terserang penyakit.

“Anak dan cucung, terus diawasi, terutama aktivitas di air, takutnya terjadi hal yang tidak diinginkan seperti akibat air deras membuat kabel listrik terputus.” tutupnya.(Roem)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top