Connect with us

2019, 14 Kades Habis Masa Jabatan

Musirawas

2019, 14 Kades Habis Masa Jabatan

MUSI RAWAS LK-Terhitung ditahun 2019 mendatang sedikitnya ada 14 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Musi Rawas (Mura), yang habis masa jabatannya.

Data tersebut diperoleh dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Kabupaten Mura, sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (26/11/2018).

Kepala DPMD, Mefta Joni melalui Kasi Pemerintahan Desa, ‎Achmad Charles membenarkan hal tersebut saat ditemui diruang kerjanya.

“Memang untuk ditahun 2019 yang akan datang, akan ada 14 desa yang masa jabatan kadesnya habis,” kata Achmad Charles.

Charles sapaanya memaparkan, adapun 14 kades yang habis masa jabatannya diantaranya. Desa Sukarami, Kecamatan Sumber Harta, Desa Triwikaton dan A Widodo, Kecamatan Tugumulyo, Desa Purwodadi dan Ngesti Karya, Kecamatan Jayaloka.

Kemudian, Desa Sumber Sari, Kecamatan Sumber Harta, Desa Ciptodadi II, Kecamatan Sukakarya, Desa Kebur Jaya, Kecamatan TPK, Desa Sukamenang, Kecamatan Muara Kelingi, Desa Murti Karya, Kecamatan Muara Lakitan, Desa Kembang Tanjung, Kecamatan BTS Ulu.

“Serta, Desa Remayu, Kecamatan Tuah Negeri dan Desa Muara Rengas dan Desa Lubuk Pandan, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Mura,” papar Charles.‎

Chares menjelaskan, namun untuk diketahui sesuai aturan pihak BPD harus memberikan informasi kepada Kades sekitar enam bulan dari masa jabatannya kades berakhir, n‎amun tetap melakukan koordinasi juga dengan pihak DPMD.

“Mengenai struktural dan kepemimpinan desa diambil alih oleh PJ Desa sementara hingga benar-benar ada kades definitif,” jelas Charles.

Lebih lanjut, Charles menjelaskan, untuk diketahui mengenai tatanan, syarat pengusulan PJ Desa, biasanya yang berkewenangan pihak kecamatan melalui camat dengan berkoordinasi dengan DPMD.‎

Lalu, DPMD meneruskan usulan ke Bupati Mura, sekitar lebih kurang dua minggu, keluar tanda tangan sekaligus Surat Keputusan (SK) bupati, barula resmi PJ mengantikan tugas Kades Definitif sementara.

“Namun, tentu saja dengan syarat mutlak yakni seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), kemudian masa jabatan PJ Desa maksimal enam bulan, nantinya apabila selama enam bulan belum ada pelaksanaan pemilihan kades, maka akan dilakukan penambahan masa jabatan selama enam bulan kembali,” ucap mantan Lurah Pasar Muara Beliti ini.

Disinggung mengenai aset ataupun inventaris kades baik motor dan segalanya apabila habis masa jabatan, upaya apa yang akan dilakukan?

“Pastinya akan ditarik dari kades yang habis masa jabatannya, dan akan digunakan untuk keperluan desa, karena masuk aset ataupun inventaris desa,” tutup Charles.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top