Connect with us

18 Rumah di Mura Banjir

Musirawas

18 Rumah di Mura Banjir

MUSI RAWAS LK– Hujan deras yang melanda daerah Bumi Lan Serasan Sekantenan pada Senin malam (18/10/2021) membuat 18 rumah di RT 01 Kelurahan Marga Tunggal, Kecamatan Jayaloka, Kabupaten Musi Rawas (Mura) terendam banjir.

Namun, kendati begitu saat ini air yang menggenangi rumah warga tersebut sudah menyusut.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mura, H A Darsan mengatakan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat menyebabkan sungai Bungin meluap hingga menggenang 18 rumah di Rt 01 Kelurahaan Marga Tunggal Kecamatan Jayaloka.

“Dari keterangan warga banjir terjadi pada Selasa (19/10/2021) Sekitar Pukul 01:00 Wib. Namun kondisi terkini pada Pukul 17:00 Wib kondisi air sudah menyurut,”jelas Darsan.

Dikatakanya, disamping rumah banjir juga menyebabkan jalan penghubung antara Desa Donorejo dan Desa Trans Donorejo terendam akibat sungai Kungku meluap. Namun, kondisi saat ini air sudah mulai menyurut tapi masih menggenangi jalan.

Menurutnya, dengan kondisi ini maka ia bersama pihak Kecamatan Jayaloka melaksanakan Kaji Cepat dan Pendataan Banjir di Kecamatan Jayaloka dengan meninjau langsung ke lokasi.

Selain itu, kondisi air sungai kelingi dan sungai musi di wilayah Mura mengalami kenaikan debit air tapi masih dalam keadaan normal. Termasuk, kondisi air sungai makut di Kecamatan selangit juga mengalami kenaikan dan menggenangi jalan poros Kecamatan Desa Taba Renah. Namun, kondisi terkini pada Pukul 17:30 Wib air yang menggenang jalan sudah menyurut, kendaraan roda dua maupun roda empat sudah dapat melintasi jalan tersebut.

Terlepas dari itulah, saat ini TRC BPBD Mura bersiaga untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan debit air. Bahkan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemerintah Desa setempat dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu waspada dan siaga bila hujan kembali turun.(Roem)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top