Connect with us

18 Lansia Terima Bantuan Homecare‎

Musirawas

18 Lansia Terima Bantuan Homecare‎

MUSI RAWAS LK- Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Mura), melalui Dinas Sosial (Dinsos), Kabupaten Mura, memberikan bantuan kepada 18 Lanjut Usia (Lansia).

Bantuan ini merupakan Program “Homecare” Lansia (Perawatan Didalam Rumah), yang dilakukan oleh Dinsos Kabupaten Mura yang diserahkan oleh pendamping lansia setiap tahunnya.

Kepala Dinsos, Kabupaten Mura, Agus melalui Kasi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lansia, Sri Mumpuni mengatakan bahwa sebenarnya program ini dilakukan selama enam bulan, namun untuk tahun ini langsung direkap dalam satu bulan.

“Dimana 18 lansia mendapatkan paket sembako,” kata Sri Mumpuni, Rabu (12/12/2018).

Onik sapaan, Sri Mumpuni menjelaskan,‎18 lansia non potensial yang kita pilih  perwakilan tiga kecamatan Sumber Harta, Tugumuluyo dan Muara Lakitan.‎

Untuk teknik ‎realisasi program homecare, semua pembiayaan pemberian bantuan, sudah sesuai aturan dianggarkan APBD  kabupaten sebesar 29 juta, masing-masing lansia menerima perkiraan Rp 1.5 juta digantikan pemberian berupa sembako, bahan makanan maupun peralatan rumah menujang.

“Pemberian PDR, itu setiap satu orang diberi satu paket bantuan. Salah satunya, kita sudah serahkan bantuan itu kepada lansianwarga Kecamatan Sumber harta dan penyerahan ada langsung diserahkan kekediaman lansia, ada juga ada diserahkan di kantor sekretariatan Dinsos,” ucapnya.‎Wanita berjilbab menambahkan, di Kabupaten Mura ditahun 2018 sesuai Basis Data Terpadu (BDT), berjumlah 180 lansia.

“Mengenai pemberian layanan kesehatan bagi lansia, kembali ke kewenangan dinkes. Jadi disini kita hanya beri bantuan permakanan. Nah, untuk menjamin kesehatan kembali tugas dari pada Dinkes karenanya menunjuk bidan desa yang ditugaskan memonitor berikan pelayanan kesehatan bagi warga lansia,”tutup wanita ini.(Roem Royen)

 

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top