Connect with us

13 Pasutri Nonmuslim Terdata Dicapil‎

Musirawas

13 Pasutri Nonmuslim Terdata Dicapil‎

MUSI RAWAS LK-Mendekati pengunjung tahun 2018, ada 13 pasangan suami istri yang beragama nonmuslim terdata di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil), Kabupaten Musi Rawas (Mura).

Hal tersebut dibenarkan langsung, Kepala Capil, Kabupaten Mura, Y Mori melalui Sekretaris, Tanang saat ditemui diruang kerjanya, sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (12/12/2018).

“Tahun ini ada 13 pasutri yang terdaftar di Capil,” kata Tanang, Rabu (12/12/2018).

Tanang menjelaskan, sebenarnya kalau berbicara mengenai perbandingan data dari tahun sebelumnya, ditahun ini mengalami penurunan, sebab ditahun 2017 ada 17 pasutri nonmuslim terdata di Kantor Capil.

“Kalau berbicara perbandingan dari sebelumnya, pasutri nonmuslim yang terdata mengalami penurunan,” jelas pria ini.

Lebih lanjut, sekretaris ini memaparkan syarat-syarat pembuatan Kartu Keluarga (KK), diantaranya, ‎mengisi formulir model F-2 13 secara lengkap termasuk mengisi pelapor, saksi 1 dan saksi 2 yang kemudian diketahui oleh lurah/kades

Kemudian, surat NA (N1, N2, N3 dan N4) tentang perwakilan yang dibuat oleh kepala desa tempat tinggal yang bersangkutan, lalu melampirkan surat akta nikah dari gereja yang dilegalisir.‎

Selanjutnya, melampirkan surat keterangan akte kelahiran, melampirkan fotocopy KTP (suami istri) yang ditanda tangani kepala Disdukcapil, melampirkan fotocopy KK yang ditanda tangani kepala Disdukcapil serta fhoto gandeng ukuran 4X6 cm empat lebar.

“Maka apabil persyaratan itu sudah tercukupi dan lengkap, dan barulah bisa dilakukan pencetakan KK,” ucap pria keturunan jawa ini.

Tanang menambahkan, sebenarnya keuntungan bisa memperkuat status sah pernikahan yakni tidak hanya sah secara agama, melainkan juga sah secara negara (uu).

“Pastinya apabila suatu saat ada permasalahan dalam rumah tangga hingga terjadi perceraian, maka perempuan dan anak bisa menuntut haknya,” tutup pria ini.(Roem Royen)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Musirawas

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top