Connect with us

Waspada,Sudah Biasa Musim Hujan Banjir Mengintai

Muratara

Waspada,Sudah Biasa Musim Hujan Banjir Mengintai

Muratara,Lk-Di Musim hujan sekarang ini biasanya Muratara sering dilanda banjir.Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Rawas Utara (Muratara) menyebutkan empat Kecamatan di Kabupaten rawan bencana alam.jumat.6/12/2019

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPD Muratara Wahyuningsih menyebutkan itu pristiwa tahunan. Tidak dapat dihindarkan oleh masyarakat.

Selaku Dinas, menghimbau masyarakat jangan membuang sampah dalam got atau siring yang dapat menyebabkan tersumbat. Sehingga air tidak dapat mengalir dengan baik.

“Akhir bulan ini, sudah masuk hujan. Diperkirakan hingga Februari 2020,”katanya,

Ia menyebutkan, ada empat kecamatan di Kabupaten Muratara yang rawan akan bencana alam, yakni Kecamatan Rawas Ilir, Kecamatan Karang Dapo, Kecamatan Karang Jaya dan Kecamatan Ulu Rawas

“Lokasi rawan bencana banjir
Kebanyakan bagian hilir sungai Rupit. kecamatan Karang dapo dan Kecamatan Rawas Ilir, sementara bencana longsor Karang Jaya, Ulu Rawas,”ujarnya

Ia menjelaskan, kondisi cuaca yang sering hujan malam hari pada akhir-akhir ini tentu membuat pemukiman penduduk yang berada di bantaran Sungai Rawas terancam kebanjir dan tana longsor.

“Sekarang sudah mulai memasuki musim hujan, suda satu pekan terakhir curah hujan terus meningkat, terutama di malam hari sering datang hujan, Hal itu otomatis air sungai meningkat, namun kita jangan terlalu khawatir, tetap waspada saja,”katanya

Dia mengimbau masyarakat yang tinggal di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) yang rawan terkena banjir harus bersiap-siap, karena dikhawatirkan banjir datang secara tiba-tiba.

Untuk mengantisipasi pihaknya juga selalu berpatroli guna memantau kondisi debit air sungai, sehingga perkembangan volume air sungai dapat terpantau setiap waktu.

“Kami terus patroli melihat kondisi debit air sungai Rawas, mudah-mudahan tidak terjadi banjir, kalaupun tetap terjadi juga tidak menimbulkan korban baik materi maupun jiwa, intinya harus waspada dan berhati-hati,”Ungkapnya (@ni)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top