Connect with us

Sepasang Suami-Istri dan Anak di Muratara Positif Covid-19

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Muratara Susyanto Tunut

Muratara

Sepasang Suami-Istri dan Anak di Muratara Positif Covid-19

MURATARA,LK-Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Muratara Susyanto Tunut membenarkan dari 49 kasus terkonfirmasi pada Rabu (20/5/2020),17 orang diantaranya warga Kabupaten Musi Rawas Utara.

Dari data diatas tersebut terlihat bahwa terdapat kaitan yang erat dalam satu Cluster (kelompok) yang terjangkit.

Seperti: Kasus (K)-01, K-03, K-04 merupakan Anak, Ayah dan Ibu.  Kemudian K-07 dan K-08 merupakan Anak-Ibu.  Hal ini menunjukkan bahwa kontak antara Terjangkit dengan orang lain dalam satu keluarga sangat besar peluangnya. Demikian juga K-18 dan K-19 memiliki hubungan menantu-mertua.

“Oleh karena itu dihimbau masyarakat untuk secara sukarela dan ikhlas mengikuti Isolasi/Karantina yang dilakukan oleh Gugus Tugas.  Sehingga penularan dapat dihindari.  Jika kita sayang dengan keluarga dan masyarakat harus rela untuk mengikuti karantina,”kata Susyanto Tunut dalam riliesnya, Rabu malam.

Lanjut ia, Tim Gugus Tugas telah mengambil langkah-langkah tracking dengan mendatangi rumah OTG dan mendata kemungkinan kontak erat dengan OTG selama beberapa waktu terakhir.

Hasil tracking menunjukkan ada 64 anggota keluarga yang diduga kontak erat dengan OTG.  34 orang diantaranya sudah dilakukan pengambilan sampel Swab. Sisanya akan dilakukan besok.  Penyemprotan di sekitar rumah OTG yang positif juga akan dilakukan.

Gugus Tugas mengharapkan bantuan dan kerjasama dari keluarga dan warga sekitar yang merasa pernah kontak dengan para OTG yang hasil pemeriksaan Swab nya positif tersebut dalam waktu 14 hari terakhir, untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan dan jika diperlukan dilakukan Rapid Test maupun Swab Test.

Gugus Tugas juga menghimbau masyarakat tetap tenang, tidak panik dan bersama sama mendukung Pasien dan Keluarga

“Sekali lagi ditegaskan bahwa COVID-19 bukan AIB, sehingga penderitanya tidak perlu dibenci atau direndahkan.  Justru harus diberi dukungan agar bersedia dikarantina atau Isolasi Mandiri,”ungkapnya.

Demikian, semoga hasil tracking dan Rapid Test maupun Swab Test nanti hasilnya Negatif. Tetap menjaga kewaspadaan terhadap paparan COVID-19 di tengah tengah kita.  Tetap patuhi protokol pencegahan COVID-19: Jaga Jarak, selalu cuci tangan dengan sabun, selalu pakai masker bila keluar rumah, dan lakukan prilaku hidup sehat.

“Bersatu kita lawan Covid-19 hindarkan Hoax, fitnah dan provokasi,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top