Connect with us

Ikut Bantu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Wabup Utamakan Produk UMKM Lokal

Foto Wakil Bupati Kabupaten Muratara H. Inayatullah saat bertemu dengan ibu-ibu UMKM

Muratara

Ikut Bantu Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Wabup Utamakan Produk UMKM Lokal

MURATARA,LK-Produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan tiang penyangga perekonomian di Kabupaten Muratara, sehingga dengan membeli produk lokal itu turut membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Oleh karenanya, Wakil Bupati Kabupaten Muratara H. Inayatullah, menginginkan produk lokal atau masakan-masakan lokal daerah Kabupaten Muratara menjadi produk utama untuk dijajahkan di setiap kegiatan apapun di Kabupaten Muratara.

“Jadi tidak boleh ada produk luar Muratara harus produk dari daerah lokal,”kata H. Inayatullah kepada wartawan, Rabu (3/3/2021).

Nanti diterangkan Inayah, ada tim Ibu-ibu atau dikenal dengan nama srikandi, mereka akan menyajikan produk-produk lokal disetiap kegiatan.

Produk UMKM ini, bisa berkomunikasi dengan Pemerintah baik tingkat Desa, Kecamatan dan Pemkab Muratata, agar setiap kegiatan apapun di Muratara harus di siapkan untuk konsumsi berasal dari Kabupaten Muratara.

Penyajiannya juga terang Ustad, nanti sistem prasmanan. Tujuan dari sistem prasmanan itu sendiri menurutnya dapat mengurangi efek pemanasan global dan pencemaran lingkungan, juga supaya sampah plastik di Muratara berkurang.

“Kedua makanan tidak tersisa dan mubazir, kalau pakai prasmanan kan lebihnya bisa dimakan dan dibagi-bagikan ke yang lain,”ungkap ustad.

Sementara kalau menggunakan kotak  seperti biasanya, terkadang makanan yang bagus dan lebih berada didalam kotak tidak enak diambil, karena biasanya diletakan dibawa-bawa kursi tempat tamu duduk.

Jadi sambung ia, dengan menggunakan dan membeli produk buatan Masyarakat Lokal, ini sangat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. karena di lingkungan UMKM terjadi simbiosis mutualisme seperti warga sekitar bisa ikut bekerja dan lainnya.

Ustad Inayah juga menyampaikan, untuk Bupati dan Wakil Bupati makanannya harus sama. Sehingga dapat diharapkan rapat bisa tertata dengan rapi. Nanti diatur dibawah UMKM Ibu-ibu Srikandi, untuk lokasi produksi. Nanti tugasnya dibagi sesuai masing masing.

Menurut Susiana salah satu pengurus UMKM lokal di Muratara mengatakan, untuk saat ini UMKM Ibu-ubu Srikandi sudah ada empat Kecamatan yang terbentuk, Karang Dapo, Rupit, Rawas ulu, dan Karang Jaya.

“Kita akan mengembangkan UMKM,  kita akan menyajikan masakan lokal di Muratara, seperti Srikayo ketan, Lemang, gandus, kue lapis dan kue-kue daerah,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top