Connect with us

HDS-Tullah Ikuti Pembekalan Cakada dari Mendagri, KPK, KPU dan Bawaslu RI

Foto Pasangan calon nomor urut 1 (satu) H. Devi  Suhartoni-H. Innayatullah  (HDS-TULLAH) kompak mengikuti webinar pembekalan calon kepala daerah (cakada), Selasa (20/10/2020).

Muratara

HDS-Tullah Ikuti Pembekalan Cakada dari Mendagri, KPK, KPU dan Bawaslu RI

MURATARA,LK-Pasangan calon bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Muratara nomor urut 1 (satu) H. Devi  Suhartoni-H. Innayatullah  (HDS-TULLAH) kompak mengikuti webinar pembekalan calon kepala daerah (cakada) seluruh Indonesia, Selasa (20/10/2020).

HDS dan Ustad Inayah mengikuti pembekalan itu melalui layar monitor di media center. Keduanya tampak serius mendengar pengarahan, baik dari Plh Ketua KPU RI Ilham Saputra, Ketua Bawaslu RI Abhan, Ketua KPK Firli Bahuri dan Menteri Dalam Negeri Tito Kanavian.

Pembekalan ini, terkait mewujudkan pimpinan Daerah berkualitas melalui Pilkada serentak yang jujur berintergritas dan diikuti oleh peserta cakada seluruh Indonesia.

Juru bicara HDS-TULLAH,  Hadi Yatullah mengatakan, keduanya siap menerima arahan dan belajar aturan di dalam pilkada, mana larangan dan mana yang boleh.

Menurut ia, Ini pelajaran yang sangat berharga, karena di isi langsung oleh ketua KPK, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Menteri Dalam Negeri.

Oleh karena itu, HDS-Tullah mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan korupsi demi kemajuan Kabupaten Muratara.

Dijelaskan ia, semua harus memahami korupsi dan modusnya, menjadi bagian dari pencegahan korupsi. Tidak menjadi bagian dari tindak pidana korupsi dan menghindarkan diri dari tindakan korupsi.

“Kita mesti memperkuat nilai budaya anti Korupsi,”ujar Hadi, Selasa.

Karena sambungnya, tindakan tercela korupsi bisa mengakibatkan hal yang negatif, bukan hanya bagi pelakunya tetapi juga bagi negara.

Sementara seperti dikutip dari berita Antara Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding mengatakan webinar ini dilaksanakan, sebagai upaya pencegahan korupsi pada Pilkada Serentak 2020, KPK kembali menyelenggarakan program pilkada berintegritas melalui webinar ‘Pembekalan Nasional bagi Calon Kepala Daerah dan Penyelenggara Pilkada.

Adapun tema webinar adalah “Mewujudkan Pimpinan Daerah Berkualitas melalui Pilkada Serentak yang Jujur Berintegritas” dan akan diikuti oleh 736 pasangan calon (paslon) kepala daerah di 270 daerah peserta pilkada yang meliputi sembilan provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten pada Selasa (20/10).

Ipi mengatakan empat narasumber dalam webinar, yaitu Ketua KPK Firli Bahuri, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Bawaslu RI Abhan, dan Pelaksana Harian Ketua KPU RI Ilham Saputra.

Mereka akan memberikan materi tentang nilai-nilai integritas, potensi korupsi pada pilkada, mewujudkan “good governance”, dan membangun tata kelola pemerintah daerah yang bersih dan transparan.

Ia mengatakan melalui rangkaian kegiatan pembekalan dan webinar tersebut, KPK mengharapkan dapat memberikan pemahaman kepada calon kepala daerah dan penyelenggara dalam memahami modus-modus korupsi dalam penyelenggaraan pilkada dan cara menanganinya.

“Selain itu, setelah terpilih diharapkan calon kepala daerah memahami bagaimana mewujudkan pemerintahan yang bersih dari korupsi dan bagi masyarakat pemilih agar dapat menggunakan hak pilihnya secara jujur,” ujar Ipi.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top