Connect with us

Dua Desa Muratara Akan Melakukan Pilkades

Muratara

Dua Desa Muratara Akan Melakukan Pilkades

MURATARA,  LK-Dua Desa di Kabupaten Musi Rawas Utara akan melakukan pemilihan Kepala Desa. Dua Desa yang dimaksud Desa Kelupang jaya,  Kecamatan nibung dan Desa surulangun, Kecamatan Rawas Ulu.

 

Berdasarkan perda nomor 6 tahun 2017, bahwa kadas yang berhenti, meninggal dunia atau mengundurkan diri yang sisa jabatan lebih satu tahun. Maka dilakukan pemilhan antar waktu.

 

Kedua kepala Desa dilakukan Pemilihan dikarenakan meninggal dunia yakni kepala desa Kelupang jaya,  Kecamatan nibung dan kepala desa surulangun,  rawas ulu mencalonkan diri pada Pileg 2019.

 

 

“jika kurang setahun cukup Pj saja, “kata  Kabid pemberdayaan pemerintahan dan otonomi Desa Zulyan Putra, kemarin (7/1/2019)

 

Kemudian berkenaan itu juga berdasarkan perbup nomor 81 tahun 2018 tatacara pelaksanaan  dilakukan musdes kepemilihan kepala desa antar waktu.

 

“lebih dikenal dengan pengantar waktu (PAW),”ucapnya

 

 

Sementara ini yang sedang berjalan tahapan piliades desa Kelupang jaya.  Dan besok dilakukan tes tertulis bacakades dengan 100 soal ganda dengan rincian 50 persen soal undang undang dan pancasila,  30 persen soal pemerintahan, dan sosial budaya serta agama 20 persen.

 

“Saat ini sudah ada 6 calon. Namun berdasarkan perbup minimnal 3 orang saja. Makanya perlunya ujian tertulis.  Agar tersisa tiga cakades saja, “katanya

 

Ditambahnya,  Bagi calon yang masuk, maka akan ditetapkan menjadi calon kades yang berhak mengikuti pemilihan.

 

Sementara Desa surulangun belum dilakukan tahapan pemilihan karena belum siap,  dan tim panitian pelaksana belum terbentuk.

 

Ia berharap calon Kades yang belum bisa mengikuti ataupun belum terpilih nanti agar tetap legowo.

“Besok langsung selesai dan akan ada hasil.  Kemudian rehat satu minggu menjelang pemilihan. “Utaranya(KTR 03)

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top