Connect with us

Ditinggal Hutang, Bikin Bupati Muratara Putar Otak Pikirkan Perbaikan Infrastruktur

Foto Bupati Kabupaten Muratara H. Devi Suhartoni saat mengunjungi jala di Desa Setia Marga, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara, Jumat (5/3/2021) sekitar pukul 10.00 WIB.

Muratara

Ditinggal Hutang, Bikin Bupati Muratara Putar Otak Pikirkan Perbaikan Infrastruktur

MURATARA,LK-Bupati Kabupaten Muratara H. Devi Suhartoni mengunjungi Desa Setia Marga, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara, Jumat (5/3/2021) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam kunjungan perdanannya, Bupati melakukan pengecekan Infrastruktur baik itu Jalan, PDAM, pasar dan juga tempat Ibadah Masjid.

Bupati dalam kunjungannya menginginkan semua infrastruktur yang ada agar dapat diperbaik, meski dimasa transisi kepemimpinannya, dan terjadi pemangkasan APBD dari Rp1,1 triliun menjadi Rp780 milyar.

Selain itu baru ia menjabat sebagai Bupati, Pemerintahan sudah dibebankan hutang di 2020 berkisar Rp192 milyar. Tentunya akan berdampak terhadap program pembangunan yang akan dilakukan Pemda Muratara.

Namun untuk saat ini, Pemda Muratara belum bisa berbuat banyak dan baru bisa membantu masyarakat melakukan tampal sulam. Dengan bantuan dari PT lonsum dan PT PPA.

Dijelaskan ia, tentu yang penting masyarakat bisa lewat dulu, nanti semua akan diselesaikan secara bertahap. Dengan dasar alasan bahwa keadaan keuangan Pemerintahan di tahun 2021 sedang mengalami krisis.

“Saya tahu saat musim hujan warga SP4-SP5 sulit melintas. Jalan ini insyaallah kita perbaiki sampai selesai dan saya dulu sudah berjanji jalan SP5-SP4 itu di bikin bagus,”ungkap Devi kepada wartawan, Jumat.

Namun, didalam keadaan yang krisis, tentu ia tak akan diam saja, dirinya bersama ustad inayatullah akan mencari solusi putar otak, dirinya akan meminta bantuan Gubernur Sumsel, H.Herman Deru, agar bisa ikut membantu peningkatan jalan Karang Dapo tembus sampai Muara lakitan.

Karena jalan ini, merupakan jalan alternatif masyarakat Muratara-Musi rawas menuju ke kota Palembang,” ucapnya.

Dia juga menginformasikan, akan membangun jembatan dilokasi air dalam di jalan Setia marga, Karang Dapo, dengan nama jembatan H Herman Deru. Selain itu, H Devi Suhartoni juga menyampaikan akan melakukan perbaikan pasar, masjid dan pelayanan PDAM.

Dia meminta masyarakat agar mendukung program pembangunan pemerintah. Karena selama ini tingginya biaya pembangunan di Muratara, karena banyak aksi premanisme.

“Saya tegaskan tidak ada preman di jaman saya. Mau anak harimau, anak kucing, kalau ganggu pembangunan, saya tangkap bawak ke penjara,” tutupnya.

PLT Kepala PU Bina Marga Muratara, Amrullah mengungkapkan ada beberapa point yang menjadi sorotan dan prioritas Bupati Muratara, dalam monitoring kali ini.

Diantaranya, peningkatan jalan, pembangunan jembatan sungai liam melalui program Bangub, pembangunan pasar SP4 Bina Marga, dan pembangunan masjid untuk rumah Tahpiz Quran.

“Ada yang kita ajukan di tahun ini seperti  jembatan dengan dana bangub dan jalan Setia Marga. Ada juga yang kita ajukan di tahun depan seperti pasar dan masjid, untuk jaringan pipanisasi PDAM akan langsung di sambung ke rumah rumah warga,” tegasnya.

Dia juga menginformasikan, jika pengoptimalan jaringan PDAM akan digratiskan Pemerintah Daerah. “Bupati meminta seluruh jaringan PDAM digratiskan dan akan di sambungkan ke rumah warga,” tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top