Connect with us

Dispertankan Muratara Kembali Berikan Bantuan

Muratara

Dispertankan Muratara Kembali Berikan Bantuan

MURATARA LK -Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertankan) Musi Rawas Utara kembali memberikan berupa Alat- Alat Pertanian (Alsintan), bibit perkebunan dan bibit tanaman pertanian serta bantuan berupa bidang peternakan dan perikanan.  Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat.

Bantuan tersebut disalurkan kepada Kelompok tani dan Gapoktan dalam wilayah Muratara oleh Bupati Muratara secara simbolis, yang telah dilaksanakan di Kelurahan Muara Kulam, Kecamatan Muara Kulam, Kabupaten Muratara, pada pukul 10.30 wib, Kamis (20/12) kemarin.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara, Ir. Suhardiman  mengatakan, selama tahun 2018 bantuan yang disalurkan kepada para petani adalah alat alsintan sebanyak 346 unit diambil dari APBN, sedangkan untuk dana APBD hanya difokuskan membantu pada bibit dan benih seperti padi, karet, kakao dan kopi.

“Serta bidang peternakan ada ikan, itik, kolam terpal serta bibit ikan pakan. Kemudian obat-obatan pertanian, mesin pemotong rumbut dan lain sebagainya,” katanya.

Dilanjutkannya, bantu yang diberikan tersebut berupa traktor roda 4 sebanyak 14 unit, traktor roda 2 sebanyak 87 unit, handsprayer sebanyak 100 unit, rice transplanter sebanyak 19 unit, cultivator sebanyak 11 unit, alat tanam jagung 12 unit, combine harvester kecil 1 unit, pompa air 56 unit, power thereser multiguna 10 unit, power thereser 22 unit, alat pengolah pupuk organik 7 unit, motor roda 3 sebanyak 7 unit.

“Sementara ada juga pembangunan dam Parit 4 unit, sumur bor 18 unit, jalan produksi 2 KM, Embung 1 unit dan perbaikan jaringan irigasi tersier 150 Ha. Dari semua bantuan tersebut dan termasuk bantuan bibit,  nominal bantuan yang telah kami distribusikan baik dana APBN dan APBD mencapai Rp.10 Milyar,”ucapnya.

Berkaitan dengan itu, untuk mendukung visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Muratara H.M Syarif Hidayat-H.Devi Suhartoni mengoptimalkan pemanfaatan lahan terlantar. Dengan bantuan pertanian pada kelompok tani Muratara ini dapat meringankan dan meningkatkan beban serta pendapatan para petani di Bumi Berselang Serundingan.

“Alat pertanian bibit pertanian dan benih peternakan yang telah diberikan dapat membantu kelancaran atau aktifitas petani dalam berusaha. Sehingga diharapkan para petani dapat meningkatkan penghasilan secara maksimal,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Muratara H M Syarif Hidayat menyampaikan pertanian merupakan mata pencaharian pokok bagi masyarakat. Yang sudah ditekuni oleh petani seperti sawit, karet, padi, kerbau dan jeruk serta penangkapan ikan.

Selain itu, lanjutnya ada beberapa komoditi yang sudah dikembangkan yaitu budidaya ikan, jagung, kedelai, pisang, nangka, melinjo, aren, nilam, itik dan lebah madu.

Untuk memberdayakan para petani, pihaknya meningkatkan pembinaan Gapoktan, Poktan, Pokdakan dan Unit Pelayanan Jasa Alsintan (Upja). Bentuk pembinaan yang berupa penyuluhan oleh para PPL dan pengiriman petani study banding dan juga pelatihan teknis diluar daerah.

“Tujuan dari pembinaan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan teknis budidaya. Serta banyak sekali bantuan yang dikuncurkan oleh pemerintah Muratara maupun pemerintah pusat untuk meningkatkan hasil pertanian,”ucapnya.

Menurutnya bantuan yang diberikan baik itu dari dana APBD maupun APBN untuk membantu petani agar bergairah dalam menjalankan usaha tani, sehingga bisa meningkatkan hasil produksi pertanian dan peningkatan kesejahteraan bagi keluarga tani. (KTB-03)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top