Connect with us

Disdukcapil Muratara Louncing KIA

Muratara

Disdukcapil Muratara Louncing KIA

Muratara,LK- Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil(Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas Utara(Muratara) Resmi di louncing Kartu Identitas Anak(KIA)

“KIA secara resmi dilouncing oleh Bupati beberapa waktu lalu, dan karena ada target pencetakan maka dari itu kita menghimbau agar para orang tua yang memiliki anak dibawah usia 18 tahun untuk segera mengurus KIA” Kata Kepala Disdukcapil Aan Andrian

Dijelaskan Aan, penghujung tahun 2019, atau tepatnya di bulan Desember, ditargertkan Kabupaten Muratara sudah melakukan pencetakan KIA sebanyak 20 Ribu keping.Senin 16/9/2019

“kita menargetkan bahwa sampai akhir tahun nanti, Disdukcapil Muratara telah mampu mencerahkan 20 ribu keping KIA, dan pada tahun 2020 juga kita targetkan dengan jumlah yang sama” jelasnya

Ia mengatakan, program penerbitan KIA sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 02 Tahun 2016, sebagai upaya untuk mendata penduduk sejak lahir sampai nanti waktunya berkewajiban memiliki kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP).

Pengurusan KIA dilakukan bagi anak yang telah miliki akta kelahiran yakni usia 0-5 tahun, sedangkan anak usia 5 hingga mendekati 17 tahun menggunakan foto seperti KTP anak.

Orang tua yang memiliki anak dibawah usia 17 tahun dapat melakukan pengurusan dengan membawa kelengkapan administrasi kartu keluarga dan akte kelahiran anak.

“Untuk anak usia dibawah usia 5 tahun tidak perlu melakukan foto atau perekaman data, tetapi cukup membawa CD yang berisi foto anak, selanjutnya kita akan menerbitkan KIA pengganti KTP,” ujar Aan

Dia menjelaskan, tugas negara adalah memberikan identitas kepada seluruh penduduknya, termasuk anak-anak. Penerbitan KIA sebagai perwujudan kehadiran negara dalam kualitas pelayanan publik.

“Dengan penerbitan KIA selain sebagai pengenal juga dapat menjadikan anak bisa mengakses pelayanan publik secara mandiri,” katanya.

Sementara Itu Bupati Muratara H M Syarif Hidayat pada saat pelouncingan KIA menghimbau kepada seluruh anak anak di Muratara untuk segera memiliki KIA.

“kepada seluruh anak anak Muratara agar membuat KIA. Ini tidak ada biaya, gratis,”Ungkapnya.(ani)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top