Connect with us

Bupati Muratara Ajak Masyarakat Panjatkan Doa Untuk Para Pahlawan

Foto Bupati Muratata H. Devi Sihartoni dan Wakil Bupati H. Inayatullah

Muratara

Bupati Muratara Ajak Masyarakat Panjatkan Doa Untuk Para Pahlawan

MURATARA,LK-Peringatan Hari Pahlawan 10 November untuk mengingat pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945. Peristiwa tersebut diawali insiden perobekan Bendera Merah Putih Biru di atas Hotel Yamato pada 19 September 1945.

Kemudian Presiden Soekarno memerintahkan untuk gencatan senjata pada 29 Oktober 1945. Pertempuran kembali pecah pada 30 Oktober 1945.

Saat itu rakyat Surabaya bersama para pejuang bertempur melawan tentara Inggris. Pada pertempuran tersebut, jumlah kekuatan tentara sekutu sekitar 15.000 pasukan.

Sekitar 6000 rakyat Indonesia pun gugur dalam pertempuran di Surabaya itu. Pertempuran tersebut terjadi selama tiga minggu. Pertempuran Surabaya pada 10 November 1945 itu pun ditetapkan sebagai Hari Pahlawan melalui Keppres Nomor 316 tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Dan untuk mengenang jasa pahlawan, Bupati Kabupaten Muratara H. Devi Suhartoni, mengajak Masyarakat khususnya di Kabupaten Muratara untuk memajatkan doa untuk para pahlawan.

Saat ditemui, Bupati mengucapkan selamat hari pahlawan kepada seluruh bangsa Indonesia dan mengajak seluruh daerah yang ada di kecamatan, kelurahan, desa serta individu, organisasi maupun instansi manapun untuk mengheningkan cipta berdoa untuk para pahlawan.

“Mari kita sejenak untuk membacakan Al Fatekha untuk arwah pahlawan Indonesia,”ujar dia.

Devi menilai, mari mencontoh semangat persatuan para pahlawan akan menciptakan bangsa yang damai dan tidak mudah tersulut dalam perpecahan.
Selain itu Devi mengajak masyarakat untuk mewarisi api perjuangan para pahlawan .

Semua punya semangat yang menyala-nyala, para pahlawan telah berjuang mempertaruhkan nyawa untuk Republik Indonesia ini.

Devi meminta supaya spirit perjuangan mereka untuk terus dimiliki oleh generasi saat ini.

“Spirit perjuangannya inilah sebenarnya yang mesti kita selalu jadikan sebagai spirit. Tantangan kita semakin berat,” terangnya

Menurutnya, dengan membawa spirit perjuangan tersebut, nantinya akan membantu dalam mengatasi berbagai tantangan maupun persoalan yang dihadapi bangsa ini dan di Kabupaten Muratara.

“Saya berharap akan ada pahlawan pahlawan baru yang konsen dan benar peduli dengan bangsa,”kata dia

“Insya Allah kita bisa kok menyelesaikan persoalan yang kita hadapi,” ungakapnya.

Bupati juga berpesan kepada masyarakat, para anak anak muda penerus bangsa, untuk tetap bangga pada bangsa Indonesia.

Dia juga menghimbau kepada Masyarakat,  untuk tidak lupa menjaga protokol Kesehatan.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2021

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top