Connect with us

Bawaslu Panggil 11 Pejabat ASN di Muratara, Diduga Tak Netral

Foto ilustrasi/Sumber Internet

Muratara

Bawaslu Panggil 11 Pejabat ASN di Muratara, Diduga Tak Netral

LUBUKLINGGAU,LK-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muratara melakukan pemanggilan kepada 11 Pejabat ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Muratara.

Mereka di panggil untuk dimintai keterangannya atas dugaan ketidaknetralan menjelang pilkada 2020.

Ketua Bawaslu Kabupaten Muratara Munawir menerengkan jika bawaslu hari ini melakukan pemanggilan klarifikasi dugaan netralisir ASN di Muratara menjelang Pilkada 2020.

“Ya dugaan tidak netral, dan kami hari ini lagi periksa,”kata Munawir kepada Linggauklik.com, Jumat (3/7/2020).

Upaya pemanggilan itu terkait, dengan adanya laporan yang disampaikan ke Bawaslu tentang dugaan pelanggaran Netralitas ASN. Dengan beberapa barang bukti mulai CD rekaman dan Foto Screenshot yang diduga membahas tentang pemenangan salah satu bakal calon.

“Benar ada 11 ASN dan 1 Kepala Desa yang kita periksa, dan saat ini masih proses sampai sore ini,”terangnya.

Jadi lanjutnya, dugaan pelanggaran ini, Bawaslu lakukan tindak lanjut dengan melakukan verifikasi terlebih dahulu, kemudian hasil pemeriksaan akan dikirimkan ke KASN sesuia dengan Prosedur yang ada dalam memutuskan sanksi terhadap ASN.

Munawir mengatakan netralitas ASN, akan menjadi konsentrasi pengawasan Bawaslu, termasuk usaha pencegahan dalam.melaksanakan tahapan pilkada pada tahun 2020.

Maka dari itu perlu dukungan dari semua pihak salah satunya dengan KASN, lembaga yang mempunyai kewenangan untuk menindak lanjuti laporan atau temuan dari Bawaslu terkait dengan natralitas ASN.

“Bawaslu berharap pilkada 2020 akan berlangsung netral, bebas intervensi politik, bebas konflik kepentingan, profesional, adil dan tetap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,”tutupnya.

Mereka yang dipanggil berdasarkan nomor surat 87/Bawaslu-Prov, SS 07/TU00.01/VI/2020 Untuk dimintai keterangan dan klarifikasi yakni Kepala Bappeda Kabupaten Muratara Erwin Syarif, Camat Karang Jaya Makmun Habib, Kepala Dinas PMDP3A, Hj. Gusti Rohmani, Kasubbid Ekonomi Bappeda Asmawi, Kabid Pendidikan Dasar Seprian Zulkabi.

Kasubbid Penagihan dan Keberataan PBB dan BPHTB di Bapenda Sulpani Ahyadi, Kabid Penbendaharaan dan Verifikasi BPKAD Sukarmen, Kabid Penimbangan Pendapatan lainnya di Bapenda Amra Wijaya, Kabid Anggaran BPKAD Izhar, Kepala BPBD Syarmidi, dan Camat Rawas Ulu Abdul Kadir.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top