Connect with us

Bahas DPK,DPTb,DPTHP-2 KPU Gelar Rakor

Muratara

Bahas DPK,DPTb,DPTHP-2 KPU Gelar Rakor

Muratara,LK – Bersama ratusan peserta dari panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), dan Bawaslu.Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muratara, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), dan perbaikan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 2 (DPTHP-2)

Rapat koordisasi bahas persoalan pemilih tersebut dipusatkan diruang pertemuan RM Sederhana Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit,selasa 12/02.

Ketua KPU Muratara Agus Maryanto melalui Divisi perencanaan data dan informasi Heriyanto berharap peserta rakor bisa memahami betul materimateri yang diberikan khususnya dalam tahapan penyusunan DPTb dan DPK.

“Karena tahapan ini menjadi tahapan penting lainnya,dan berpengaruh pada aspek logistik pemilihan umum (pemilu), teknis, dan keharusan mengefektifkan aspek sosialisasi,”ungkapnya.

Dijelaskan setelah DPT ditetapkan hingga DPT Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2), maka saat ini kami masuk pada tahapan penyusunan DPTb dan DPK. Untuk pindah memilih dilakukan karena beberapa sebab, seperti yang berada di perantauan dan di luar domisili kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), seperti yang sedang belajar diperusahaan atau menjadi santri, kuliah, bekerja, dirawat, narapidana atau tahanan, serta yang tertimpa bencana alam.

Lanjutnya syarat menjadi pemilih DPTb adalah yang sudah terdaftar dalam DPT. Layanan pindah memilih tersebut dengan formulir A5 yang bisa didapatkan di KPU asal. ”Paling lambat 17 Februari 2019 agar sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb),”jelasnya.

Sementara itu, pemilih DPK adalah wajib pilih yang memiliki identitas kependudukan, tapi belum terdaftar dalam DPT atau DPTb. “Deteksi dini potensi DPTb dan DPK ini salah satunya terkait alokasi surat suara di tempat pemungutan suara (TPS),”tutupnya (Ani)

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top