Connect with us

7 Desa Tidak Ikut Evaluasi APBDes

Muratara

7 Desa Tidak Ikut Evaluasi APBDes

MURATARA LK-Hingga akhir November 2018, dari 82 desa yang tersebar di tujuh kecamatan di Kabupaten Muratara, 75 desa diantaranya sudah tuntaskan tahapan evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018.
Akan tetapi ada 7 desa di 3 kecamatan tidak mengikuti evaluasi Apbdes perubahan diantaranya, Kecamatan Rawas Ulu 2 desa yakni Desa Lubuk Mas dan Desa Sukamoro,Kecamatan Rawas Ilir, Desa Beringin Makmur II, Desa Batu Kucing dan Desa Belani dan Kecamatan Ulu Rawas terdiri dari dua desa yaitu Desa Sosokan dan Desa Napal licin.
Zulyan, Kabid Pemdes DPMD-P3A Muratara meminta, bagi desa yang belum merampungkan penyusunan APBDes agar dipacu cepat.  Karena proses evaluasi merupakan bagian dari tahapan yang harus dilalui sebelum dana desa dicairkan.
Namun, DPMD-P3A sebelumnya telah mensosialisasikan dan juga memberi undangan ke setiap desa untuk mengikuti kegiatan evaluasi APBDes yang dilaksanakan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muratara.

Zuliyan, Kabid Pemdes DPMD-P3A Muratara

“Kami sudah bekerja sesuai Permendagri nomor 113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan desa,untuk melakukan evaluasi dan laporan realisasi Dana Desa tanggal 13 sampai tanggal 16 novemver 2018 yang diadakan di BKD. Hingga saat tanggal ditentukan tujuh desa tersebut tidak mengikuti,” kata Zulyan.
Menurut zulyan, proses pencairan tahap terakhir dana desa dan alokasi dana desa apabila tidak  tuntas terlaksana dalam proses evaluasi yang sudah dilaksanakan oleh instansi terkait maka akan berpotensi silpa.
“Evaluasi dilaksanakan sesuai dengan mekanisme aturan yang ada. Sehingga apabila ada desa yang terlewatkan maka desa itu akan terhambat  untuk proses pencairan dana desa bahkan silpa,” ungkapnya. (ani)
Penulis : Zaida Abdi – copyright@linggauklik.com 2018

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Muratara

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top