Connect with us

Objek Wisata Bukit Sulap Gunakan Lahan TNKS

Lubuklinggau

Objek Wisata Bukit Sulap Gunakan Lahan TNKS

Foto Hendrimon Kepala Pengelola TNKS Wilayah V Sumsel

LUBUKLINGGAU, LK – Luas kawasan yang dimiliki Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah V Sumatera Selatan, meliputi Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas dan Musi Rawas Utara,yakni lebih kurang 250.613 hektar dengan panjang batas kawasan lebih kurang 293.520 Km dan berbatasan langsung dengan 12 Kelurahan dan 22 Desa dalam 11 Kecamatan.

Dari luas +_250.613 hektar tersebut, 42.37 hektar diantarannya masuk zona pemanfaatan yakni Izin Penyediaan Sarana Wisata Alam(IPSUWA) yang diberikan kepasa PT. Linggau Bisa dengan konsesinya selama 55 Tahun. Hal ini disampaikan, Hendrimon Syadri, S.Hut, M.Sc selaku Kepala Kantor Pengelolaan TNKS  Wilayah V Sumsel.

Lebih lanjut, Dia menjelaskan, PT. Linggau Bisa dalam hal ini berhak membuat sarana wisata alam seperti Inclinator , Menara Pandang maupun Teropong Bintang.

“Dari situlah mereka bisa mengutif insentif dari pengunjung yang memakai sarana yang dipakai,tetapi tetap ada include PNBK ke Negara,”tegas Hendrimon, beberapa waktu lalu.

Sementara itu,Rida selaku Fungsional wilayah V Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) menambahkan, izin yang dikeluarkan untuk PT. Linggau Bisa sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen)Nomor 4 tahun 2012 tentang penyediaan sarana wisata alam yang ada dikawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

“Namun, mereka tidak boleh merubah bentang alam, makanya Inclinatornya tidak dibuat datar dan selaku pengelola kawasan selalu tetap melakukan pengawasan jangan sampai terjadi penyimpangan dari yang sudah direncanakan sebelumnya,”pungkasnya.

Penulis : Reki Alpiko –
Copyright@linggauklik.com 2018

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top