Connect with us

Wali Murid di Lubuklinggau Minta Sekolah Segera Gelar Belajar Tatap Muka

Foto ilustrasi/Sumber Internet

Lubuklinggau

Wali Murid di Lubuklinggau Minta Sekolah Segera Gelar Belajar Tatap Muka

LUBUKLINGGAU,LK-Komisi I DPRD Kota Lubuklinggau panggil pihak Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau, Selasa (10/11/2020), pertemuan sendiri dilaksanakan di ruang rapat Komisi I DPRD.

Petemuan sendiri dilakukan karena banyaknya keluhan dari Masyarakat, terutama wali murid dan guru yang menginginkan sekolah tatap muka.

Seperti yang disampaikan oleh Mar, lebih dari 7 bulan seluruh pelajar di Kota Lubuklinggau mengikuti kegiatan belajar mengajar atau KBM secara Daring dimasa pendemi Covid-19 saat ini.

Namun ia mengeluh pembelajaran sistem daring karena dinilai kurang efektif, dan sebagian anak-anak mereka merasa jenuh dan kurang memahami materi pembelajaran karena menjelasan guru yang terbatas.

“Kita minta pihak Sekolah agar segera menerapkan belajar dengan tatap muka dan kedepan menerapkan protokol kesehatan,”kata Mar kepada wartawan kemarin.

menurut dia, kegiatan belajar mengaja secara tatap muka bisa dilakukan pihak sekolah dengan sistem bergantian dan membatasi jumlah pelajar serta bisa juga 3 kali dalam satu minggu.

Dan Komisi I DPRD kota Lubuklinggau juga menilai saat ini sekolah dengan sistem daring sangat tidak efektif. Justru banyak anak-anak yang berkumpul karena tidak ada kegiatan dirumah setelah sekolah daring.

Belum lagi zona untuk penularan Covid-19 di Kota Lubuklinggau yang tidak stabil. Kadang naik, lalu turun dan naik lagi. Artinya jika menunggu stabil belum pasti kapan dan akan terjadi dampak negatif kepada peserta didik.

Sementara kegiatan lain utamanya kegiatan ekonomi sudah diperbolehkan.

Ketua Komisi I DPRD Kota Lubuklinggau Merismon mengatakan, hal ini sangat berdampak terhadap peserta didik makanya harus ditanggapi serius oleh pemerintah. Pemanggilan pihak Disdik ini lanjutnya, untuk menyamakan persepsi dan bersepakat bersama kalau sekolah dengan sistem daring tidak efektif.

“Kita sepakat akan kembali melaksanakan rapat dengan peserta rapat yang lebih banyak melibatkan pihak. Mulai dari Sekda, Satgas, Dewan Pendidikan, Disdik, Kemenag, Perwakilan Ponpes, perwakilan perguruan tinggi dan pihak sekolah swasta,” katanya

Diharapkan pertemuan tersebut bisa menghasilkan kebijakan, dan DPRD bisa membuat rekomendasi kepada eksekutif, dengan harapan eksekutif dalam hal ini Wali Kota tidak ragu dalam mengambil keputusan.

Selain itu Merismon menanyakan program pemberian beasiswa, karena menurutnya ini merupakan janji politik Wali Kota dan Wawako saat kampanye.

Di tahun 2019 sudah didata nama-nama mahasiswa yang akan menerima beasiswa, yakni sebanyak 27 orang. Sayangnya pada saat itu tidak bisa dianggarkan karena salah penganggaranya yang seharsnya melalui BPKAD, namun dianggarkan di Disdik. Sehingga realisasinya dilakukan ditahun 2020.

Lalu untuk program ditahun 2020 terdata sebanyak 44 mahasiswa.

“Dan sampai sekarang belum juga dibayarkan oleh pemerintah, makanya kita pertanyakan tadi. Namun keterangan dari pihak Disdik akan dibayarkan jelang akhir tahun ini,”tegasnya.

Ia berharap segera dibayarkan. Begitu juga realisasi bantuan untuk mahasiswa yang terdampak Covid-19, yang setelah didata dari awal sebanyak 980 jadi 418, karena sebagian sudah dapat dari Bantuan Gubernur (Bangub), juga belum jelas kapan akan direalisasikan.

Sekretaris Disdik, Rudi Irawan mengatakan pihaknya juga sudah ingin melaksanakan sekolah tatap muka. Namun pihaknya saat ini bukan pembuat keputusan.

Ia juga membenarkan jika saat ini sekolah daring sudah tidak efektif. Sehingga pihaknya pun sepakat untuk dibahas lagi dengan mengundang banyak pihak saat rapat. Karena sejak awal tahun ajaran baru pun tegas Rudi, pihaknya sudah menyiapkan beberapa ospi jika sekolah tatap muka akan dilaksanakan.

Pihaknya juga akan melakukan kajian, apakah kedepan sekolah tatap muka sudah bisa diterapkan khususnya diwilayah tertentu atau belum.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top