Connect with us

Tiga Komoditas Pangan Menjelang Natal dan Tahun Baru Alami Kenaikan Harga

Foto dokumen Linggauklik.com

Lubuklinggau

Tiga Komoditas Pangan Menjelang Natal dan Tahun Baru Alami Kenaikan Harga

LUBUKLINGGAU,LK-Harga sejumlah komoditas pangan di pasar mulai mengalami kenaikan menjelang Natal dan Tahun Baru 2020. Beberpa komuditas yang naik tersebut di antaranya adalah Bawang, Ayam, dan telur ayam ras.

Menyikapi kenaikan tersebut, Tim gabungan Satgas Pangan dari Polres Lubuklinggau, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdagrin), Bulog dan Satpol PP melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Instruksi Presiden (Inpres).

Hasilnya sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan yakni, ayam potong semula Rp 28 ribu naik menjadi Rp 32 ribu, telur semula Rp 40 ribu naik menjadi Rp 45 ribu dan bawang merah yang semula Rp 30 perkilogram naik menjadi Rp 35 ribu.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono mengatakan tujuan pengecekan pasar tersebut untuk memastikan stok barang cukup menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2020.

“Kedua apakah ada harga lonjakan, dua hal itu yang kita cek, alhamdulillah tidak ada yang mengalami kenaikan yang signifikan,” kata Dwi pada wartawan, Kamis (19/12/2019).

Namun, ada satu bahan pokok yang mengalami kenaikan cukup signifikan yakni harga telur. Harganya saat ini bervariasi mulai dari Rp 43-45 ribu. Kenaikan tersebut masih bisa ditoleransi.

Ia sudah menyampaikan kepada Disdagrin dan Satreskrim yang tergabung dalam Satgas pangan.
Yang melonjak sudah dilaporkan kepada pimpinan -pimpinannya masing-masing supaya bisa ditanggulangi dengan operasi pasar.

Dwi pun mengingatkan kepada para distributor jangan coba-coba menyetok untuk mempermainkan harga, maka pihaknya melalui Satgas pangan akan langsung melakukan tindakan tegas.

“Kalau stok stok untuk dijual kembali dan harganya tidak mengalami kenaikan masih kita tolerir, tapi kalau tujuannya untuk mempermainkan harga jelas akan kita tindak tegas,”ungkapnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top