Connect with us

Sulaiman Kohar Sampaikan Nota Keuangan Raperda APBD Tahun 2019

Lubuklinggau

Sulaiman Kohar Sampaikan Nota Keuangan Raperda APBD Tahun 2019

LUBUKLINGGAU, LK- Wakil Walikota Lubuklinggau Sulaiman Kohar menyampaikan nota keuangan dan rancangan peraturan daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 pada rapat Paripurna DPRD, Senin (12/11/2018).

Wakil Walikota Lubuklinggau Sulaiman Kohar mengatakan pada Raperda tentang APBD tahun anggaran 2019 ada beberapa asumsi-asumsi yang perlu disampaikan yakni mengenai pendapatan daerah sebesar Rp 1.005.569.352.414,46

“pos pendapatan daerah lebih didominasi pendapatan dari pemerintah pusat yaitu dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dana bagi hasil, serta dana tunjangan profesi guru dan tambahan penghasilan guru serta insentif daerah,”kata Sulaiman Kohar.

Dilanjutkan Sulaiman Kohar, secara garis besar permasalahan pendapatan daerah  pada APBD tahun anggaran 2018 adalah belum ditetapkan regulasi tentang alokasi dana bagi hasil pajak, bagi hasil bukan pajak, dana bagi hasil dan bantuan keungan provinsi sumsel.

Sulaiman Kohar meneruskan belanja daerah dengan alokasi dana sebesar Rp.913.319.352.414,46, yang terbagi dalam komponen tidak langsung, pada komponen belanja tidak langsung sebagian besar di alokasikan untuk pembayaran gaji PNS, tunjangan profesi guru PNS, tambahan penghasilan guru PNS dan tambahan gaji pegawai, juga untuk dana hibah bagi sekolah gratis.

“Selanjutnya untuk belanja langsung dialokasikan untuk pengajuan belanja yang dilakukan oleh organisasi perangkat daerah,”ujarnya.

Dan juga ditambah Kohar yang sebagian besar dialokasikan pada program dan kegiatan untuk pembangunan inprastruktur, jalan, jembatan, pembangunan bidang kesehatan, fasilitas bidang pendidikan dan bidang kelistrikan.

Serta pembiayaan daerah yaitu pada pos penerimaan pembiayaan daerah sebesar Rp750 juta yang diterima dari estimasi sisa lebih perhitungan anggaran tahun sebelumnya.

“Sedangkan pada pos pengeluaran pembiayaan sebesar 93 milyar dialokasikan untuk pembayaran utang pemerintah kepada pihak ketiga dan penyertaan modal,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2018

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top