Connect with us

Sudah Waktunya, Tiga Bunga Bangkai Mekar Bersamaan di Lereng Bukit Sulap

Foto nampak seorang warga sedang mengamati bungai bangkai yang tumbuh di lereng bukit sulap

Lubuklinggau

Sudah Waktunya, Tiga Bunga Bangkai Mekar Bersamaan di Lereng Bukit Sulap

LUBUKLINGGAU,LK-Lagi-lagi Bunga bangkai yang dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Amorphophallus titanum ditemukan tumbuh di lereng bukit sulap kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

Kali ini bunga, bunga mekar sekali tiga dengan jarak hanya dua meter.

Bunga dengan ciri khas aroma sangat menyengat itu mekar dengan ukuran jumbo, diperkirakan tingginya sekitar 90 centimeter, 80 centimeter dan 60 centimeter.

Lokasi bunga ini mekar tepat dipinggir jalan tak jauh dari jembatan shelter 1 Bukit Sulap.

Dari kejauhan kelopak bunganya berwarna merah keunguan dihiasi putik berwarna kuning dan bagian atasnya berwarna merah hati sudah  terlihat.

Sinul petani setempat mengaku bila kawasan bukit sulap merupakan tempat endemik bunga bangkai tumbuh, bahkan jumlahnya ada puluhan di lereng Bukit sulap.

“Bunga ini biasa kita jumpai disini, banyak jumlahnya hingga puluhan,” kata Sinul pada wartawan, Jumat (13/11/2020).

Ia menuturkan di bulan November ini memang waktunya bunga bangkai mekar. Namun biasanya tidak bertahan lama lalu mati dan akan mekar lagi dilain waktu.

“Sepekan lalu, bunga ini belum mekar, sehingga saya bersihkan sekelilingnya supaya bunga itu mekar sempurna,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, ukuran bunga bangkai di lereng bukit bervariasi dari yang mini hingga ukuran jumbo. Bahkan ia mengaku ada bunga bangkai setinggi orang dewasa.

Selain itu, dilokasi tempat tumbuhnya tiga bunga bangkai tersebut terdapat lima bunga bangkai lainya yang siap mekar di lain waktu.

Untuk melihat bunga bangkai ini pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor atau berjalan kaki, dari objek wisata Bukit Sulap bisa ditempuh dengan waktu hanya lima menit.

Ia pun berharap kepada para pengunjung yang datang ke objek wisata Bukit Sulap untuk selalu menjaganya, supaya saat mekar sempurna bisa disaksikan dalam waktu yang lama.

“Termasuk kemarin sebelum tiga ini mekar, ada bunga bangkai hampir mati, saya berikan dengan pak Agus supaya dimasukkan dalam pot,” ujarnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top