Connect with us

Sudah 46 Jenazah di Lubuklinggau Dimakamkan Pakai Protokol Covid-19

Foto Ilustrasi pemakaman Covid-19. Foto Interner

Lubuklinggau

Sudah 46 Jenazah di Lubuklinggau Dimakamkan Pakai Protokol Covid-19

LUBUKLINGGAU,LK-Sebanyak 46 jenazah dimakamkan dengan mekanisme Covid-19 di Kota Lubuklinggau, Data ini diperoleh dari Dinas Pemukiman dan Perumahan (Disperkim) melalui Kabid Penerangan Jalan Umum, Pemakaman dan Pertamanan (PJUPP) Misno.

“Saat ini jumlah jenazah yang dimakamkan dengan mekanisme covid-19 sudah ada 46 jenazah,”kata Misno saat dihubungi wartawan, Jumat (27/11/2020).

Dijelaskannya, dari ke 46 jenazah tersebut, 30 jenazah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pemerintah di Lestari, Kecamatan Lubuklinggau Timur, Kota Lubuklinggau.

Sementara, 16 jenazah lainnya dimakamkan di dekat rumah masing-masing pasien. Jenazah yang diduga terpapar Covid-19 boleh dimakamkan didekat rumah.

Namun terang ia, dengan catatan warga disana menyetujui, selain itu pihak keluarga juga sudah sepakat jenazah dimakamkan didekat rumahnya.

“Memang sekarang bisa memakamkan pasien suspect covid sesuai dengan persetujuan dari warga dan keluarganya,”ujarnya.

Jadi sambungnya, kalau ada warga dan keluarga setuju pasien dimakamkan didekat rumahnya ya silakan, apabila masyarakat tidak terima, Dinas Perkim siap memakamkannya di pemakaman lahan yang sudah disediakan oleh Pemerintah di TPU Lestari.

Dikatakannya, untuk lahan sendiri di TPU lestari saat ini masih banyak dan sangat luas. Luas lahan pemakaman disana ada lebih kurang 5 hektar dan yang dipakai ini baru sekitar seperempat hektar.

Disana juga ada pemakaman Umum yang dimakamkan secara normal. Tetapi Memang antara pemakaman normal dan pemakaman covid jaraknya jauh.

Menurut ia, dipisahnya makam tersebut, agar situasinya aman, sehingga pemakaman yang normal tidak merasa khawatir.

Sementara sejauh ini terang ia, di pemakaman TPU Lestari sendiri saat ini sudah ada dua Jenazah yang dipindahkan oleh keluarga mereka ke TPU biasa di dekat rumah mekera.

“Yang menjadi alasan mereka memindahkan karena hasil dari kaboratorium yang meningga dinyakan negatif, sehingga keluarga meminta untuk dipindahkan sendiri,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2019

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top