Connect with us

Stok Hewan Kurban Aman, Prediksi Kebutuhan di Lubuklinggau Saat Pandemi Bisa Naik dan Bisa Turun

Foto ilustrasi/Sumber Internet

Lubuklinggau

Stok Hewan Kurban Aman, Prediksi Kebutuhan di Lubuklinggau Saat Pandemi Bisa Naik dan Bisa Turun

LUBUKLINGGAU,LK-Dinas Pertanian optimistis ketersediaan sapi potong dan hewan kurban lainnya mencukupi jelang perayaan Idul adha 2020 berdasarkan perhitungan jumlah populasi hewan ternak serta potensi kebutuhan.

Menyitir data Dinas Pertanian Kota Lubuklinggau Dedi Yansyah menyebutkan total populasi sapi di Lubuklinggau mecapai 800 ekor dengan rincian Kecamatan Lubuklinggau  Utara I 12 ekor, Kecamatan Lubuklinggau Utara II 108 ekor.

Di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I berjumlah 36 ekor, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II 103 Ekor, Kecamatan Lubuklinggau Barat I 161 ekor, di Kecamatan Lubuklinggau Barat II 109 ekor. Kecamatan Lubuklinggau Timur I 165 ekor, Kecamatan Lubuklinggau Timur II 95 ekor.

“Sisa enam ekornya merupakan hewan kurban jenis kerbau,”kata Dedi kepada Linggauklik.com, Selasa (30/6/2020).

Sementara lanjut ia, untuk kambing di Delapan Kecamatan dari data rekapitulasi hasil pengawasan pemotongan hewan kurban di wilayah Kota Lubuklinggau, seluruhnya 1037 ekor. Dan jenis domba berjumlah 14 ekor.

“Jadi kesimpulannya jumlah hewan kurban tahun ini Insyallah cukup,”jelasnya.

Ia mengatakan, Perkiraan kebutuhan hewan kurban tahun ini diprediksi bisa naik dan bisa juga turun, pertama alasannya menurut ia kebutuhan hewan kurban itu bisa naik,  dilihat dari keberangkatan Haji yang jadwalnya dibatalkan atau diundur.

Sehingga bisa saja, karena batal berangkat uangnya digunakan untuk berkorban terlebih dahulu. Dan bisa saja sebaliknya kebutuhan hewan kurban bisa saja saat ini menurun karena dampak dari pandemi virus corona.

“Ya tahu sendiri kan saat ini, kondisi ekonomi akibat dampak corona bisa saja penyebab kebutuhan hewan qurban menurun, dan dari tahun-tahun sebelumnya yang paling banyak berkurban itu di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat,”ujarnya.

Dari petugas yang turun di lapangan kata ia, saat ini jumlah pengepul atau orang yang menjual hewan kurban ada 12 tempat. Dimana masing-masing tempat nantinya sebelum H-7 Hari Raya Idul Adha akan diturunkan petugas untuk mengecek kesehatan terlebih dahulu.

“Nanti hewan kurban akan kita cek kesehatannya, umurnya, dan juga asal hewan dari mana,”jelasnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2020

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

Follow me on Twitter

LinggauKlik

To Top