Connect with us

SIAP-SIAP !!! Disperindag Linggau Bakal Buka Rekrutmen BPSK

Lubuklinggau

SIAP-SIAP !!! Disperindag Linggau Bakal Buka Rekrutmen BPSK

LUBUKLINGGAU,LK-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Lubuklinggau membuka pendaftaran calon anggota badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK) periode 2019-2024.

BPSK adalah salah satu lembaga peradilan konsumen berkedudukan pada tiap daerah dan kota di seluruh Indonesia.

Tugas utama BPSK adalah menyelesaikan persengketaan konsumen diluar lembaga pengadilan umum, BPSK beranggotakan unsur perwakilan aparatur pemerintah, konsumen dan pelaku usaha atau produsen.

“Penerimaan seleksi anggota BPSK Kota Kota Lubuklingga terdiri dari 9 orang yang terdiri dari 3 orang dari pemerintah, 3 orang dari pelaku usaha, dan 3 orang lainnya dari konsumen,”kata Staf Dinas Perindustrian dan perdagangan Kota Lubuklinggau Zon Maryono, Kamis (10/1/2019).

Dikatakan Zon Maryono Sebenarnya BPSK ini yang bertanggung jawab Disperidag Provinsi Sumatera selatan (Sumsel), namun pihaknya membantu untuk menyeleksi anggota BPSK baru periode ke-2 untuk tahun 2019-2024.

Diungkapkan ia, memang sudah ada melakukan rapat kordinasi pertama untuk tim seleksi yang sudah terbentuk melalui SK Gubernur Sumsel untuk melakukan penjaringan.

“Kalua jadwal pengumuman kapan penerimaan, penerimaan formolir dan penyerahan formolir, syarat khusus blum bisa di publikasi, dan nanti kita akan menyampaikan secara media massa,”ujar ia.

Namun dijelaskan Zon, perekrutan sendiri dibuka untuk umum, dan untuk syarat-syarat umum sendiri yang sudah ditentukan yakni harus Warga Negara Indonesia (WNI), berdomisili di Lubuklinggau, usia minimal 30 tahun, S-1 hukum lebih di utamakan, namun sebenarnya S-1 lain bisa masuk, tapi yang lebih diutamakan itu S-1 hukum.

Dan ditambah ia, apabila bukan sarjana hukum dan dia bergerak dibidang organisasi-organisasi yang berhubungan dengan perlindungan konsumen dan itu ada pertimbangan lebih dan poin khusus dari tim seleksi.

“Untuk tehnik seleksi kami yang akan melaksanakan dan tetap berkomunikasi dengan dinas perdagangan Provinsi, karena ketua tim seleksi sendiri dari Kepala dinas Perdagangan Sumsel, dan untuk  anggotanya disisni ada kepala dinas perdagangan Linggau, ada YLKI,  mewakilan pelaku usaha Hiswana Migas dan media massa,”tutupnya.(rdw)

Penulis : Sudirman – copyright@linggauklik.com 2018

Click to comment

Apa Komentarmu

More in Lubuklinggau

Trending

Terkini

RSS ANDROID NEWBIE ID

LinggauKlik

To Top